Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba LRT Jabodebek Dihentikan, KAI: Ada "Software" yang Harus Kami "Inject"

Kompas.com - 18/07/2023, 09:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dihentikan sementara selama 17-20 Juli dan kembali akan dilakukan trial run pada 21-23 Juli. Dengan demikian uji coba baru akan dilanjutkan pada 25 Juli 2023.

Kepala Divisi LRT Jabodebek Mochamad Purnomosidi mengungkapkan, uji coba dihentikan sementara lantaran perlu memasukkan perangkat lunak (software) dari Siemens ke sistem LRT agar operasionalnya dapat lebih optimal.

Sebagai informasi, Siemens merupakan pihak yang memberikan rekomendasi safety assessment untuk LRT Jabodebek sehingga pada 12 Juli lalu moda transportasi ini dapat memulai rangkaian uji coba operasional terbatas.

"Dari hasil evaluasi sepekan kemarin kami lakukan uji coba, ada software yang harus kami inject dari teman-teman Siemens ke sistem untuk mendapatkan performa yang lebih bagus lagi," ujarnya melalui sambungan telepon, dikutip Selasa (18/7/2023).

Baca juga: KAI Sebut LRT Jabodebek Bakal Balik Modal dalam 13 Tahun

Dia mengungkapkan, pihaknya akan berupaya agar proses pemasangan perangkat lunakini dapat dipercepat sehingga uji coba LRT Jabodebek dapat segera kembali dilaksanakan.

"Semoga lebih cepat ya. Jadi kami mengambil estimasi terpanjang kalau nanti inject software karena yang di-inject ada yang di stasiun, ada yang di posisi di trainset. Kalau itu bisa lebih cepet berarti uji cobanya akan lebih cepat," ucapnya.

"Kami akan upayakan lebih cepat proses inject software ini," tambahnya.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan telah melakukan Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Uji Coba Terbatas LRT Jabodebek pada Sabtu (15/07).

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal menyebutkan, secara umum uji coba yang dilakukan sejak 12 Juli kemarin berjalan lancar. Namun ada beberapa hal yang mesti dilakukan untuk perbaikan termasuk penyempurnaan pada sistem software.

Guna memaksimalkan proses penyempurnaan sistem tersebut, kata Risal, uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dengan undangan baik komunitas maupun masyarakat umum akan dihentikan sementara pada 17-20 Juli 2023.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat penundaan ini, semoga segala sesuatunya berjalan dengan baik sehingga masyarakat dapat segera mencoba LRT Jabodebek," ucap Risal dalam keterangan tertulis, Senin (17/7/2023).

Lebih lanjut Risal menyampaikan, setelah keseluruhan pembaharuan software selesai, LRT Jabodebek akan dilakukan trial run terlebih dahulu sebelum dibuka kembali untuk umum.

"Kami akan lakukan trial run pada 21-23 Juli ini, lalu dilanjutkan dengan uji Coba Operasional terbatas lagi untuk undangan pada 25 Juli dan umum pada 29 Juli," pungkas Risal.

Baca juga: Kemenhub Hentikan Sementara Uji Coba LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com