Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Bos MRT Usai Uji Coba LRT Jabodebek: Ngeri-ngeri Sedap, "So Far" Oke

Kompas.com - 12/07/2023, 20:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT MRT Jakarta, Tuhiyat mengungkapkan pengalamannya mengikuti uji coba Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek yang dilakukan pada hari ini (12/7/2023).

Uji coba ini dihadiri langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dimulai dari Stasiun LRT Harjamukti, Cimanggis, Depok.

"Tadi saya merasakan bersama rombongan Pak Menhub dari (Stasiun LRT) Harjamukti sampai Dukuh Atas, walaupun agak sedikit ngeri-ngeri sedap," ungkapnya dalam konferensi pers terkait update pembangunan MRT Jakarta, Rabu.

Kendati demikian, sepanjang uji coba tersebut menurutnya tetap berjalan mulus. "Tapi okelah, so far oke," ucap Tuhiyat.

Baca juga: Hubungkan Akses MRT, LRT, dan KRL, JPM Dukuh Atas Ditarget Rampung 31 Juli 2023

Kemudian, Tuhiyat menjelaskan mengenai progres pembangunan jembatan penyeberangan multiguna (JPM) Dukuh Atas yang ditargetkan selesai 31 Juli 2023.

JPM ini nantinya akan terkoneksi dengan Stasiun LRT Jabodebek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), dan Stasiun KRL Sudirman.

"Ini nanti konektivitas dari Stasiun LRT Jabodebek yang hari ini mulai diujicoba," ujarnya.

Baca juga: Mulai 1 Juli, Bayar Tiket MRT Jakarta Tidak Bisa Pakai Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja

 


Sebagai informasi, Menhub Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo memulai uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek yang perdana dilakukan hari ini, Rabu (12/7/2023).

Uji coba perdana ini dimulai pukul 10.00 WIB dengan rute Stasiun LRT Harjamukti di Cibubur menuju Stasiun LRT Dukuh Atas. Adapun waktu tempuh dari kedua stasiun tersebut pada uji coba ini sekitar 52 menit.

Uji coba operasional terbatas ini dilakukan secara bertahap, yaitu tahap pertama 12-26 Juli 2023. Pada tahap ini, yang dapat mengikuti uji coba adalah undangan terbatas dari kementerian/lembaga, jurnalis/media, dan komunitas.

Selanjutnya, pada tahap kedua mulai 27 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, masyarakat umum dapat mengikuti uji coba dengan mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek.

Baca juga: Bocoran Tarif LRT: Rp 5.000 Kilometer Pertama, Paling Mahal Rp 25.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com