Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bank Mandiri Salurkan Bantuan Pendidikan dan Pupuk Bersubsidi Sebesar Rp 5,24 Triliun 

Kompas.com - 27/07/2023, 19:59 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Bank Mandiri berkomitmen untuk membantu penyaluran bantuan yang dicanangkan oleh Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), serta Kementerian Pertanian (Kementan).

Terbaru, Bank Mandiri berhasil menyalurkan bantuan pendidikan dan pertanian dari ketiga kementerian itu dengan total nilai sebesar Rp 5,24 triliun. Angka penyaluran ini meningkat sebesar 31 persen dibandingkan tahun lalu.

Menurut data per 30 Juni 2023, Bank Mandiri berhasil menyalurkan bantuan program pendidikan sebesar Rp 4,7 triliun untuk 1,5 juta penerima.

Berbagai bantuan pendidikan yang disalurkan Bank Mandiri berhasil menjangkau hingga ke pelosok negeri, di antaranya Fak-Fak, Nunukan, Natuna, Kepulauan Banggai, dan daerah-daerah lainnya.

Baca juga: Genjot KPR Primer dan Perluas Bisnis, Bank Mandiri Gaet LinkTown

Terdapat lebih dari 50 jenis bantuan pendidikan, antara lain Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Tunjangan Insentif Guru, Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK), dan lain-lain.

Kemudian, ada bantuan penyaluran pupuk bersubsidi lewat Kartu Tani dengan total 2,1 juta cetak dan berat 238.000 ton senilai Rp 540 miliar.

Kartu Tani merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementan untuk proses penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Dengan Kartu Tani, penyaluran bisa dilakukan secara tepat sasaran.

Penyaluran Kartu Tani oleh Bank Mandiri mencakup sejumlah daerah, di antaranya Provinsi Jawa Barat (kecuali Kabupaten Garut dan Tasikmalaya) serta lima provinsi di Pulau Sumatera.

Baca juga: Simak Kurs Rupiah Hari Ini di BNI hingga Bank Mandiri

Lebih lanjut, Bank Mandiri terus berupaya mendukung program-program pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat.

Lewat kontribusi dalam penyaluran, Bank Mandiri telah berhasil menjalankan salah satu fungsinya, yakni agent of development dalam pembangunan ekonomi di Tanah Air.

Sebagai informasi, penyaluran lewat Bank Mandiri dilakukan secara face-to-face. Langkah ini penting agar bantuan bisa tepat guna dan sasaran.

Bank Mandiri melakukan pencairan dana secara tunai dan nontunai lewat channel Bank Mandiri. Selain itu, bank berpelat merah ini juga terus berkoordinasi dengan pusat dan daerah agar penyaluran bantuan bisa berjalan tepat waktu.

Baca juga: Bisa Dilakukan di Rumah, Bank Mandiri Taspen dan TIKI Hadirkan Agen Kurir Mantap untuk Pensiunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com