Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2,7 Juta Pekerja Rentan Sudah Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Kompas.com - 31/07/2023, 21:20 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 2,7 juta pekerja rentan yang meliputi marbot masjid, petani hingga pengangkut jenazah telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek).

"2,7 juta (yang sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan), itu marbot masjid, guru ngaji, petani, nelayan, ambil jenazah," kata Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Zainudin ditemui usai peluncuran integrasi kanal pendaftaran dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan di aplikasi Shopee, Jakarta, Senin (31/7/2023).

Zainudin bilang, para pekerja rentan tersebut untuk pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan menjadi tanggungan pemerintah daerah atau si pemberi kerja, termasuk pendaftarannya.

Iuran yang dibayarkan per bulannya pun menurutnya cukup rendah, sebesar Rp 16.800. Syarat pendaftarannya juga tidak ribet, hanya dengan persyaratan KTP dari pekerja rentan.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Gaet Shopee Permudah Akses Bayar Iuran Kepesertaan

"Itu pekerja rentan, yang kami gandeng biasanya pemda. Pemda itu kayak DKI misalnya, marbot masjidnya ada dapat honor dari pemda. Jawa Barat itu ada 150.000 marbot masjid," ucapnya.

"Iurannya per bulan Rp 16.800. Kita kan punya program Sertakan, iurannya ya lu punya sopir, punya bibi di rumah nah daftarin pakai Sertakan JMO kamu saja," lanjut Zainudin.

Sementara itu, total jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan baik pekerja penerima upah (PU) maupun bukan penerima upah (BPU) atau peserta mandiri mencapai 36,7 juta.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal

Sedangkan tahun ini, BPJS Ketenagakerjaan lagi fokus menyasar para pekerja informal. Salah satunya dengan menggandeng perusahaan e-commerce.

"Jumlah kepesertaan mandiri saat ini? Ada 6,2 juta. Target tahun ini? Sekitar 11 jutaan, yang mandiri ya, informal. Kalau formal sudah banyak. Sekarang formal, informal ini sudah 36,7 juta yang aktif," sebut Zainudin.

Baca juga: Ada BPJS Ketenagakerjaan Syariah, Apa Bedanya dengan Konvensional?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com