Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Restorasi Lahan Gambut Dapat Turunkan Emisi Karbon

Kompas.com - 04/08/2023, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Proyek solusi berbasis alam dengan pendanaan dari perdagangan nilai ekonomi karbon dinilai dapat berkontribusi atas pencapaian target pembangunan berkelanjutan untuk iklim, dan biodiversitas.

Namun, hal ini tentunya dengan catatan bahwa perdagangan nilai ekonomi karbon dilakukan dengan menerapkan prinsip ilmiah yang bertanggung jawab serta perencanaan yang holistik dan kolaboratif.

Adapun proyek restorasi ekosistem hutan gambut yang dilakukan Katingan Mentaya Project (KMP) berhasil menurunkan emisi karbon akibat deforestasi dan pembukaan lahan gambut.

Dalam laporan “SDG Impact Report”, Direktur Research & Development Taryono Darusman mengatakan, proyek yang digarap pada lahan seluas 157.000 hektar di Kalimantan Tengah milik PT Rimba Makmur Utama (RMU) merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi biodiversitas dan ekosistemnya.

“Dengan mencegah emisi karbon akibat deforestasi dan pembukaan lahan gambut, kita melindungi biodiversitas dan ekosistemnya. Dan dengan meningkatkan kualitas hidup serta membuka peluang untuk mata pencaharian alternatif bagi masyarakat lokal, kita melindungi hutan sekitar desa dari perusakan, antara lain pembalakan liar dan alih fungsi lahan oleh warga,” kata Taryono dalam siaran pers, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Pemda Diminta Kawal Tata Kelola Lingkungan Guna Pelaksanaan Nilai Ekonomi Karbon

Laporan ini secara komprehensif memaparkan capaian atas proyek dan kegiatan yang berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Dia mengatakan, target-target dalam SDG menjadi indikator kinerja yang penting untuk proyek solusi berbasis alam seperti KMP.

“Target-target ini mencerminkan tantangan yang kami hadapi di lapangan sekaligus komitmen kami dalam melakukan upaya restorasi dan perlindungan ekosistem, serta pemberdayaan masyarakat – yang saling berkaitan satu sama lain,” ungkap Taryono.

Baca juga: Luhut Bilang, Banyak Manfaat Lahan Gambut Kalteng Disulap Jadi Sawah

Adapun beberapa proyek yang dilakukan di antaranya, pembentukan Sekolah Tani Agroekologi (STA) yang bertujuan membantu petani setempat memastikan keberlanjutan dari lahan pertaniannya dengan menerapkan cara bertani tanpa bakar dan tanpa kimia.

Selain itu, KMP bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk menyediakan layanan kesehatan bagi desa-desa di pedalaman melalui Posyandu Terapung. Posyandu tersebut memiliki fasilitas berupa perahu kelotok untuk melewati jalanan sungai.

Berdasarkan data yang terkumpul, selama tahun 2021-2022, KMP terus berupaya untuk mendukung dan berkontribusi terhadap tujuan 17 UN SDG, dengan spesifik 70 target dan 68 indikator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com