Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berubah Lagi, LRT Jabodebek Bakal Beroperasi Penuh 28 Agustus 2023

Kompas.com - 21/08/2023, 20:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyebut LRT Jabodebek akan beroperasi secara komersial pada 28 Agustus 2023.

Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha KAI John Robertho mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan LRT Jabodebek pada tanggal tersebut.

Dia bilang, saat ini KAI selaku operator bersama para pemangku kepentingan tengah melakukan trial run untuk memastikan kesiapan 27 rangkaian LRT Jabodebek secara bertahap.

"Hari ini kita melakukan trial operation bersama dengan seluruh stakeholder. Hari ini kita mengoperasikan 22 trainset untuk mencapai titik sesuai dengan skenario kita untuk rencana operasi kita pada tanggal 28 ya untuk diresmikan oleh Pak Jokowi," ujarnya di Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Kala Pekerja Menimbang Ongkos Naik LRT Jabodebek

Dia mengungkapkan, saat ini masalah yang masih harus diselesaikan ialah sistem operasional yang masih harus disempurnakan agar LRT Jabodebek bisa mengantongi izin kelayakan operasi dari Kementerian Perhubungan sebelum 28 Agustus.

Untuk itu, pihaknya selaku operator terus berkoordinasi dengan PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku pemegang kontrak dengan Siemens.

"Masih ada beberapa hal, pintu kadang kasus aja sih (ada pintu) ini yang belum terbuka. Saat ini sedang dicarikan solusinya oleh tim Siemens secara software-nya seperti apa," ucapnya.

"Ini tiap hari kita melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan. Mudah-mudahanan ini sebelum sampai tanggal 28 ini bisa kita selesaikan bersama tim Siemens," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo juga mengatakan LRT Jabodebek akan beroperasi pada 28 Agustus mendatang.

Baca juga: Simak Perincian Rute dan Tarif LRT Jabodebek

Berdasarkan trial run hari ini, Senin (21/8/2023), dia mengungkapkan progres persiapan LRT Jabodebek sudah cukup baik, baik itu dari kenyamanan perjalanan, sistem perangkat lunak (software), maupun sinkronisasi antara pintu kereta dengan pintu stasiun.

"Kami sudah puas dengan hasilnya, kita harapkan ada perbaikan lebih lanjut sebelum pengoperasian 28 Agustus," kata pria yang akrab disapa Tiko itu.

Sebagai informasi, tanggal operasional komersial LRT Jabodebek ini terus berubah dari yang sebelumnya ditargetkan beroperasi pada 18 Agustus bersama kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi pada 26 Agustus 2023.

Kemudian pada pekan lalu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, LRT Jabodebek bakal dioperasikan pada 30 Agustus 2023 lantaran menunggu Presiden Jokowi kembali dari dinas luar negeri.

"Tanggal 26 Pak Jokowi kayaknya enggak di Indonesia, baru direncanakan tanggal 30. Tidak ada masalah dengan kereta, masalah waktu beliau saja untuk meresmikan. COD tanggal 30. Rencana, semua masih rencana," kata Risal saat media briefieng di kantornya, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Baca juga: LRT Jabodebek Bakal Operasikan 27 Rangkaian Kereta secara Bertahap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com