Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Indonesia Bakal Merger, Simak Prospek Saham GIAA

Kompas.com - 23/08/2023, 10:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) berencana akan melakukan merger dengan dua maskapai penerbangan Citilink Indonesia dan Pelita Air. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menyebut rencana ini adalah upaya agar biaya logistik di Indonesia turun.

Pada penutupan perdagangan, Selasa (22/8/2023), harga saham GIAA berada di level Rp 73 per saham atau melonjak 8,9 persen. Dalam tiga bulan terakhir harga saham GIAA terus menunjukkan kinerja positif dengan kenaikan 15,8 persen.

Senior Investment Information Mirae Asset, Nafan Aji Gusta mengatakan, kinerja GIAA diperkirakan akan semaikin baik, utamanya didorong oleh efisiensi yang dilakukan pada perusahaan penerbangan pelat merah itu.

Baca juga: Erick Thohir Mau Merger Maskapai BUMN, Dirut Garuda Indonesia: Masih Proses Diskusi

“Kalau dilihat dari kinerja bottom line, GIAA cenderung mengalami kenaikan kinerja. Tapi, seiring dengan kenaikan cost, itu membuat perusahaan mengalami net loss. Di kuartal II-2023, dengan adanya merger ini akan reduce of cost karena efisiensi bisnis bisa diterapkan optimal,” kata Nafan kepada Kompas.com, Selasa (22/8/2023).

Nafan mengatakan, merger yang dilakukan dalam rangka penggabungan aset dan SDM, akan menberikan sentimen positif selama merger tersebut dimanfaatkan untuk mengoptimalisasi persaingan, mengingkatkan okupansi, terutama di rute-rute dengan konektivitas tinggi.

Baca juga: Erick Thohir Berencana Gabungkan Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air

“Sebelum ada wacana merger kan restrukturisasi utang. Restrukturisasi utang yang sudah berhasil diterapkan dengan efektif ini dan juga merger, adalah hal yan tepat,” kata dia.

Adapun Price Earning Ratio (PER) saham GIAA berada di level 2,9 kali. Sementara itu, Price to Book Value (PBV) ratio sebesar 0,2 kali. Adapun kapitalisasi pasar GIAA saat ini sebesar Rp 6,68 triliun.

Baca juga: Garuda Indonesia Kini Layani Rute Penerbangan Yogyakarta-Jeddah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com