Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BBM Satu Harga Akhirnya Hadir di Desa Kelarik Natuna

Kompas.com - 25/08/2023, 08:30 WIB
Hadi Maulana,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

NATUNA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan PT Pertamina Patra Niaga meresmikan lembaga penyalur bahan bakar minyak SPBU BBM Satu Harga bernomor 16.297.033 melalui Program BBM Satu Harga di Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (24/8/2023).

Penerapan BBM Satu Harga ini merupakan program pemerintah dalam mewujudkan pemerataan akses energi berkeadilan bagi masyarakat di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T).

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, bahwa salah satu misi pemerintah adalah menyediakan energi yang berkeadilan bagi masyarakat Indonesia.

Baca juga: Kementerian ESDM dan Pertamina Resmikan 34 Penyalur BBM Satu Harga

Selain akses yang lebih mudah, harga yang sama bagi masyarakat khususnya yang berada di wilayah 3T menjadi salah satu tujuan dari program BBM Satu Harga.

"Program BBM satu harga merupakan program nasional yang merupakan wujud dari sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," kata Erika melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (24/8/2023).

Erika mengungkapkan, program BBM Satu Harga sudah dilaksanakan sejak tahun 2017. Peresmian kali ini merupakan wujud kehadiran pemerintah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dan diharapkan masyarakat dapat melakukan penghematan pengeluaran BBM dan diikuti penurunan harga sembako.

"Sehingga kualitas hidup dan kesejahteraan hidup masyarakat dapat meningkat," kata Erika.

Baca juga: Resmikan 29 Penyalur BBM Satu Harga, Kepala BPH Migas Harap Wilayah 3T Dapat Nikmati BBM Harga Setara

Target jumlah penyalur BBM Satu Harga 2024

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan mengatakan, sejak tahun 2020 hingga hari ini 24 Agustus 2023, Pertamina telah berhasil membangun sebanyak 461 lembaga penyalur BBM Satu Harga di seluruh Wilayah Indonesia.

"Khusus jumlah SPBU BBM Satu Harga di Pulau Sumatera telah mencapai 70 lembaga penyalur," ungkap Riva.

Selain 70 lembaga penyalur BBM Satu Harga di Sumatera, sebaran lembaga penyalur BBM Satu Harga antara lain 101 lembaga penyalur di Kalimantan, 3 lembaga penyalur di Jawa dan Madura, 2 lembaga penyalur di Bali, 80 lembaga penyalur di Nusa Tenggara, 48 lembaga penyalur di Sulawesi dan 157 lembaga penyalur di Maluku dan Papua.

"Jumlah lembaga penyalur yang ditargetkan pemerintah hingga tahun 2024 adalah sebanyak 583 lembaga penyalur," kata Riva.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com