Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Mengenal 4 Aspek Utama Pengelolaan Kapal yang perlu Dipahami Pebisnis

Kompas.com - 25/08/2023, 21:07 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com - Jika Anda memiliki bisnis yang melibatkan kapal, seperti industri pelayaran logistik, pengelolaan atau manajemen kapal adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan secara matang.

Perlu diketahui, pengelolaan kapal melibatkan sejumlah kegiatan penting, termasuk pemeliharaan, operasi, pengawasan, dan administrasi.

Seluruhnya diatur untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sekaligus memastika kapal beroperasi dengan efisien, aman, dan sesuai standar yang ditetapkan.

Namun, mewujudkan tujuan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sebab, manajemen kapal perlu memperhatikan beragam hal, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengawasan.

Di samping itu, manajemen kapal juga harus memahami beberapa aspek utama yang menjadi bagian dari manajemen kapal. Jika tidak dilakukan, bisnis di bidang ini bisa jadi tidak berjalan. Berikut ulasannya.

1. Pemeliharaan

Pemeliharaan kapal menjadi salah satu aspek penting dalam pengelolaan kapal. Hal ini mencakup perawatan rutin, seperti memeriksa sistem mesin, membersihkan dan melukis kapal, serta melakukan pemeriksaan berkala terhadap peralatan keselamatan.

Manajemen perlu memastikan bahwa operasional kapal sudah mematuhi peraturan keselamatan maritim yang berlaku.

2. Operasi

Operasi kapal meliputi semua aktivitas terkait pengoperasian kapal, termasuk navigasi, manuver, dan penanganan kargo.

Saat operasi kapal, penting untuk memastikan kru terlatih dan memahami prosedur operasi kapal dengan baik untuk mengurangi risiko insiden atau kecelakaan.

3. Manajemen kru

Manajemen kru juga merupakan aspek penting dalam pengelolaan kapal. Manajemen kapal harus memastikan bahwa kru memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjalankan tugas-tugas.

Hal yang juga menjadi tanggung jawab manajemen adalah memastikan seluruh kru mematuhi semua peraturan keselamatan dan lingkungan.

4. Administrasi

Administrasi kapal mencakup semua tugas administratif terkait kepemilikan dan pengoperasian kapal.

Hal tersebut mencakup pencatatan, laporan keuangan, pengaturan asuransi, dan memastikan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan peraturan.

Itulah empat aspek penting pengelolaan kapal. Dengan memahami seluruh aspek, pebisnis dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

Perlu diketahui, penting pula bagi manajemen untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan regulasi terkait. Hal ini dilakukan untuk menjaga kepatuhan dan meningkatkan efektivitas operasi kapal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com