Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Commuter Siapkan Akses Integrasi Layanan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang dan Sudirman

Kompas.com - 27/08/2023, 18:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter telah menyiapkan layanan dan fasilitas di stasiun-stasiun yang terintegrasi dengan perjalanan LRT Jabodebek yakni, di Stasiun Cawang dan Stasiun Sudirman.

Hal ini dilakukan menjelang peresmian LRT Jabodebek oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (28/8/2023).

"Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengguna yang akan transit dari perjalanan Commuter Line untuk melanjutkan perjalanannya dengan LRT Jabodebek," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangan tertulis, Minggu (27/8/2023).

Anne mengatakan, dari Stasiun Cawang, KAI Commuter telah menyiapkan akses menuju Stasiun LRT Cikoko atau halte Bus Trans-Jakarta.

Baca juga: Cara Akses Stasiun LRT Jabodebek dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Ia mengatakan, pengguna KRL yang hendak melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT Jabodebek ataupun Bus Trans Jakarta bisa langsung menuju pintu di sisi Barat Stasiun Cawang dengan mengakses JPO.

Saat ini, kata dia, sebanyak 421 perjalanan yang telah disiapkan KAI Commuter untuk melayani pengguna KRL yang transit di Stasiun integrasi antar moda Cawang.

"KAI Commuter juga mencatat rata-rata pengguna commuter line yang turun di Stasiun tersebut sebanyak 12 -15 ribu orang per harinya, sedangkan pengguna KRL yang naik di stasiun tersebut sebanyak 11-13 ribu orang per harinya," ujarnya.

Anne juga mengatakan, selain Stasiun Cawang, stasiun KRL yang terintegrasi dengan layanan LRT Jabodebek adalah Stasiun Sudirman.

Ia mengatakan, dengan lokasi yang strategis di tengah-tengah kawasan perkantoran menjadikan Stasiun Sudirman menjadi salah satu stasiun KRL yang dilengkapi dengan sistem integrasi antar moda.

"Selain terintegrasi dengan layanan LRT, Stasiun Sudirman juga terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya seperti layanan Commuter Line Basoetta, MRT dan Bus Trans-Jakarta. Pengguna commuter Line bisa mengakses JPO pada sisi Timur stasiun untuk melanjutkan perjalanannya menggunakan LRT," tuturnya.

Baca juga: Beroperasi 28 Agustus 2023, LRT Jabodebek Punya 2 Jenis Stasiun

Di samping itu, Anne mengatakan, KAI Commuter telah mengoperasikan sebanyak 277 perjalanan KRL yang akan melayani pengguna di Stasiun Sudirman tiap harinya.

Ia menyebutkan, tercatat di Stasiun Sudirman rata-rata volume pengguna Commuter Line pada hari kerja sebanyak 25.000-30.000 orang per hari nya.

Sementara itu, memasuki minggu terakhir di Agustus 2023, pantauan kondisi pengguna Commuter Line Jabodetabek di seluruh stasiun pada hari Minggu ini, (27/8/2023) terpantau lancar dan kondusif. Tercatat hingga pukul 14.00 WIB tercatat volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 269.863 orang.

"Terpantau situasi pergerakan flow pengguna di stasiun-stasiun transit juga terpantau cukup ramai lancar. Di Stasiun transit Manggarai tercatat hingga pukul 14.00 WIB sebanyak 46.102 pengguna yang transit untuk menuju ke arah Jakarta Kota, Bogor, Bekasi atau menuju Tanah Abang," kata dia.

"Sedangkan untuk stasiun transit lainnya, Stasiun Tanah Abang tercatat pengguna transit sebanyak 36.749 orang dan di Stasiun Duri sebanyak 15.797 orang," sambungnya.

Terakhir, Anne mengatakan, pengguna KRL hari ini didominasi oleh pengguna musiman yang memanfaatkan waktu libur bersama keluarga untuk menuju stasiun-stasiun terdekat dengan destinasi wisata dan pusat perbelanjaan.

Ia mengatakan, Stasiun Bogor masih menjadi stasiun tujuan pengguna terbanyak dengan 21.874 orang, disusul Stasiun Tanah Abang dengan pengguna sebanyak 16.106 orang, Stasiun Sudirman sebanyak 12.438 orang, serta Stasiun Jakarta Kota sebanyak 11.780 orang.

"Layanan Commuter Line Jabodetabek hari Minggu ini tetap beroperasi dengan 1.129 perjalanan mulai pukul 04.00-22.00 WIB, dengan pantauan persebaran pengguna pada hari libur atau akhir pekan jam ramai pengguna mulai pukul 08.00 WIB-18.00 WIB," ucap dia.

Baca juga: Segera Beroperasi, Simak Titik Kantong Parkir LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com