Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Hanya untuk Kesehatan, Ini Pentingnya Asuransi dalam Menjaga Ketahanan Finansial

Kompas.com - 30/08/2023, 11:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Keikutsertaan masyarakat dalam asuransi terkadang disepelekan karena dinilai belum dibutuhkan, mengingat kondisi kesehatan masih prima. Namun, apa yang terjadi jika secara tiba-tiba Anda harus mengalami insiden yang tidak terduga?

Tentunya tanpa asuransi akan mengancam ketahanan finansial yang sudah kamu bangun sejak lama. Apalagai, biaya medis saat ini tidak murah, sehingga tanpa adanya asuransi otomatis Anda akan mengeluarkan dana ekstra untuk perawatan kesehatan.

Presiden Direktur Prudential Indonesia Michellina L. Triwardhany (Dhany) mengatakan, penting untuk menumbuhkan kesadaran akan perlindungan kesehatan dan jiwa, guna mewujudkan kondisi finansial yang kuat, agar semakin berdaya dalam mengarungi tantangan hidup.

“Pengembangan SDM yang unggul tentunya didukung oleh sistem kesehatan yang prima dan stabilitas keuangan yang kokoh, sehingga setiap individu akan selalu siap untuk menghadapi tantangan dan perubahan yang cepat,” kata Dhany dalam siaran pers Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Penjaminan Polis Asuransi, Mandat Baru LPS Perkuat Stabilitas Sistem Keuangan RI

Dia mengatakan, pandemi Covid-19 telah menjadi pengingat bagi masyarakat akan pentingnya mempersiapkan perlindungan, baik jiwa maupun kesehatan demi menjaga stabilitas keuangan keluarga. Tidak hanya itu, risiko terjadinya penyakit kritis pun meningkat pasca pandemi.

“Kesadaran akan pentingnya perlindungan kesehatan juga dipengaruhi oleh faktor literasi keuangan, khususnya literasi asuransi. Banyak orang mengasuransikan kendaraan bermotornya dan tidak merasa rugi ketika tidak pernah klaim,” ungkap Dhani.

“Tapi, banyak orang merasa enggan untuk mengasuransikan diri dan keluarganya, karena takut rugi jika tidak pernah mengajukan klaim. Padahal, asuransi bukan hanya sekedar melindungi jika terjadi risiko saja, tapi yang utama untuk melindungi ketahanan finansial keluarga,” jelasnya.

Baca juga: Investasi Moncer, Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Terkerek

Namun demikian, industri asuransi masih dihadapkan oleh beberapa tantangan diantaranya, sistem layanan kesehatan yang masih belum memumpuni, hingga ketersediaan tenaga medis yang masih terbatas.

Untuk mendorong kesadaran akan pentingnya asuransi, pihaknya terus mendorong penetrasi dan inklusi asuransi melalui program Community Investment.

Beberapa diantara inisiatif yang dihadirkan Prudential Indonesia adalah dengan memberikan edukasi keuangan kepada anak-anak Indonesia agar semakin cerdas membuat keputusan finansial sejak dini.

“Kami percaya bahwa sistem kesehatan yang tangguh dan tingginya kesadaran tentang menjaga stabilitas keuangan dapat mendukung pengembangan sumber daya manusia yang unggul, sehingga dapat menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera, untuk meraih yang terbaik dalam kehidupan” tutup Dhany.

Baca juga: Rekomendasi Tiga Produk Asuransi Hewan Peliharaan untuk Pemilik Anabul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com