Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Potensi Besar, Pertamina Lubricants Perkuat Pasar Oli di Afrika

Kompas.com - 08/09/2023, 17:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Lubricants memperkuat pangsa pasar global dengan merambah hingga ke Afrika. Sejak 2014, Pertamina sudah membawa produk-produk oli kelas dunia seperti Pertamina Fastron, Enduro, Meditran hingga Mesran ke Afrika Selatan.

Potensi industri oli di benua Afrika pun masih punya peluang untuk terus tumbuh. Menurut laporan Mordor Intelligence, potensi pertumbuhan industri oli di benua ini diprediksikan akan meningkat 4 persen atau naik menjadi 1.24 miliar liter di 2026.

Oleh sebab itu, peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan optimal oleh Pertamina dengan memperkuat pasar di Afrika.

Baca juga: Video Viral Air Sumur di Gunung Sindur Tercemar BBM, Pertamina: Terindikasi Pertalite

"Kami terus mengembangkan strategic partnership dengan beberapa jaringan spare part shop yang memiliki ratusan outlet di seluruh wilayah Afrika Selatan sekaligus membangun jaringan bengkel own-channel Pertamina Lubricants," ujar VP Sales Overseas Pertamina Lubricants Syafaat Jajuli dalam keterangannya, Jumat (8/9/2023).

Selain itu, Pertamina juga melakukan sponsorship ke berbagai event motorsport di Killarney International Raceway yang kerap menjadi area balap motocross, karting, drag race dan truck race untuk memperkuat pasar global.

Syafaat menjelaskan, strategi untuk masuk di pasar Afrika merupakan bagian dari rencana jangka panjang Pertamina Lubricants dalam pengembangan pasar overseas, salah satunya dengan membangun hubungan distributor yang kuat melalui country distributor Indolube Pty Ltd.

Baca juga: Strategi Pertamina Garap BBM Ramah Lingkungan, Tak Sekadar Berlabel Green

"Pertamina memberikan peluang kerja sama yang saling menguntungkan, dan Afrika memiliki peluang bisnis yang cocok serta dibutuhkan oleh Pertamina," kata dia.

Syafaat menambahkan, dengan oli berkualitas dunia, Pertamina Lubricants memiliki pengalaman, kompetensi dan kapabilitas untuk masuk dan tumbuh di 14 negara lainnya di dunia, seperti Australia, Thailand, Vietnam, Bangladesh, Jepang, Myanmar, dan masih banyak lagi. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk terus berekspansi ke pasar global.

Baca juga: Dirut Pertamina Ungkap Sederet Faktor yang Bikin Harga Energi Terbarukan Mahal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com