Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras SPHP Kemasan 5 Kilogram Sudah Tersedia di Ritel Modern

Kompas.com - 09/09/2023, 12:10 WIB
Elsa Catriana,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beras operasi pasar yang bernama Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP) kemasan 5 kilogram sudah tersedia di ritel-ritel modern mulai dari Lotte Mart, Superindo hingga Alfamart di seluruh Tanah Air.

Hal itu lantaran pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) dan Perum Bulog sudah mendistribusikan beras tersebut agar bisa dimanfaatkan masyarakat memenuhi kebutuhan berasnya.

"Hari ini kita tambah lagi outletnya kalau boleh sebut brand hari ini Lotte sebelumnya Ramayana, sebelumnya Indomaret, Alfamart, Hypermart Superindo. Artinya ini (beras SPHP) sudah masuk," ujar Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat mengunjungi Lotte Mart di Jakarta Timur, Jumat (8/9/2023).

Sementara untuk harga beras SPHP kemasan 5 kg dibanderol senilai Rp 54.500 per pieces dan pembeliannya dibatasi maksimal 3 pieces per pembeli. Pembatasan itu dilakukan agar semua masyarakat bisa mendapatkan beras murah dengan kualitas premium.

Baca juga: Bos Bulog Buka-bukaan Penyebab Beras SPHP Tak Masuk Pasar Induk Cipinang

"Khusus untuk beras SPHP tolong dibantu kasih maksimal 3 pieces per customer biar semua kebagian karena berasnya baik harga murah," jelas Arief.

Sementara itu, Direktur Utama Perum Buluog Budi Waseso mengatakan, pihaknya sudah mulai menyalurkan beras SPHP ke 1.853 ritel yang tersebar di Tanah Air. Penyalurannya pun sudah dilakukan sejak hari-hari yang lalu.

"Kita SPHP ini di seluruh Indonesia kami sudah lakukan 1.853 ritel sasaran itu sudah kami suplai sudah dari kemarin kemarin. Beras SPHP yang dijual di gerai ritel modern di Lotte, Ramayana Grosir Superindo, bahkan tidak di jejaring ritel nasional tapi lokal di seluruh indonesia," kata Budi Waseso.

Baca juga: Bulog Minta Shopee dkk Tarik Penjualan Beras SPHP

Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia (Aprindo) mengapresiasi langkah pemerintah untuk menyakurkan beras SPHP ke ritel. Dengan penyaluran itu masyarakat bisa mendapatkan harga beras yang murah di tengah gejola bahan pokok yang tengah mahal.

"Dukungan pemerintah sediakan beras di ritel modern itu langkah konkret.  Beras SPHP, beras kualitas premium dan harganya sangat terjangkau. Ini sangat diperlukan masyarakat ketika ingin penuhi kebutuhan pokonya dengan harga terjangkau," kata Roy.

"Terima kasih buat pemerintah dan kepada masyarakat silakan belanja ke ritel modern karena beras SPHP sudah tersedia di ritel modern mulai dari wilayah Provinsi Kota Madya, Kabupaten di seluruh Indonesia," sambung Roy.

Baca juga: Harga Beras Operasi Pasar Naik Jadi Rp 10.900 Per Kilogram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com