Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Minta Operator Kapal Tingkatkan Aspek Keselamatan Pelayaran

Kompas.com - 08/09/2023, 23:36 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengingatkan pentingnya peningkatan kesadaran terhadap keselamatan pelayaran dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2023.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Kemenhub Hartanto meminta kepada pemilik atau operator kapal memastikan kapal yang dioperasikan selalu memenuhi aspek kelaiklautan, agar penumpang tetap dapat terlayani dengan aman dan nyaman.

"Dan agar distribusi logistik selama Natal dan tahun baru berjalan lancar," kata Hartanto dalam siaran pers, Jakarta, Jumat (8/9/2023).

Baca juga: Kereta LRT Jabodebek Kerap Gangguan, Kemenhub Masih Percaya PT INKA

Kemenhub mengatakan keselamatan pelayaran merupakan kebutuhan semua pihak, mulai dari operator kapal, nelayan, pengguna jasa hingga wisatawan agar selalu memprioritaskan keselamatan saat berada di laut.

Adapun untuk mengingatkan pentingnya peningkatan kesadaran terhadap keselamatan pelayaran, Kemenhub menggelar Kampanye Keselamatan Pelayaran di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke, Jakarta.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki Kantor Unit Pelaksana Teknis di seluruh Indonesia, sehingga harus siap dalam memberikan pelayanan dan bimbingan terkait kelaiklautan kepal," kata Hartanto.

Baca juga: Kemenhub Minta Tambahan Anggaran Rp 544 Miliar untuk Bangun Bandara VVIP IKN

Dalam acara itu, Kemenhub membagikan lIfe jacket atau jaket pelampung kepada penumpang dan awak kapal di Pelabuhan Kali Adem.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Muara Angke, Agus Harjanto mengajak seluruh pihak untuk mengutamakan keselamatan, hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan life jacket dan hal yang lain.

"Kami mengajak seluruh pihak untuk memprioritaskan keselamatan saat berada di laut, misalnya dengan menggunakan life jacket dan tindakan pencegahan lainnya untuk melindungi diri kita sendiri maupun orang lain," kata Agus.

Baca juga: Bakal Bangun 4 Proyek Perkeretaapian di IKN, Kemenhub: Pembangunan 2025-2029

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com