Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan Kaidah Pertambangan yang Baik, PPA Raih Penghargaan Kementerian ESDM

Kompas.com - 30/09/2023, 21:02 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penerapan kaidah teknis pertambangan yang baik atau "Good Mining Practice" sangat penting bagi usaha pertambangan di Indonesia saat ini. Untuk itu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Good Mining Practice Award 2023. 

Dalam sambutannya di acara penyerahan penghargaan tersebut, Jumat (29/9/2023), Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan pentingnya penerapan kaidah teknis pertambangan yang baik. 

“Dengan diterapkannya kaidah teknis pertambangan yang baik diharapkan pengelolaan kegiatan pertambangan mineral dan batu bara dapat berlangsung secara efektif, efisien, aman, dan ramah lingkungan” kata Arifin, melalui keterangan pers, Sabtu (30/9/2023). 

Baca juga: Terapkan Good Mining Practice, MHU Raih ASEAN Coal Awards 2023

Salah satu penerima penghargaan dari 65 kandidat adalah PT Putra Perkasa Abadi (PPA) yang mendapatkan penghargaan Izin Usaha Jasa Pertambangan (IUJP) Terbaik dan enam Piagam Penghargaan Aditama dalam Pengelolaan Standarisasi Usaha Jasa Pertambangan Mineral & Batubara Kelompok Pemegang IUJP. 

Presiden Direktur PPA, Christianto Setyo, mengungkapkan PPA akan terus menerapkan kaidah pertambangan yang baik pada operasional penambangan di setiap site. 

Menurut dia, prestasi ini tidak terlepas dari dukungan insan PPA di seluruh Indonesia serta apresiasi Kementerian ESDM dan Ditjen Minerba.

"PPA Group juga berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam menjaga lingkungan kerja yang aman, sehat, dan berkelanjutan serta berkontribusi pada kelestarian alam dan perekonomian masyarakat di sekitar tambang," katanya. 

Baca juga: Kementerian ESDM: Pemerintah Tak akan Alihkan Subsidi Energi Fosil ke Energi Terbarukan

Sebagai informasi, Good Mining Practice Award 2023 kali ini diikuti oleh 13 perusahaan KK, 33 perusahaan PKP2B, 30 perusahaan IUPMA, 24 perusahaan IUP PMDN, 9 perusahaan IUPK, dan 65 perusahaan IUJP. 

Acara yang merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada para perusahaan sektor pertambangan di Indonesia yang telah melakukan kaidah teknik pertambangan yang baik.

“Acara ini adalah bentuk apresiasi dari pemerintah bagi perusahaan atas kinerja yang sudah dilakukan untuk menambah motivasi dan sehingga kaidah teknik yang baik ditingkatkan dan bisa mendorong para perusahan pertambangan di seluruh Indonesia untuk lebih termotivasi dalam menerapkan dan memberikan contoh baik penerapan kaidah teknis pertambangan kepada perusahaan lainnya yang masih tertinggal,” papar Direktur Teknik dan Lingkungan/Kepala Inspektur Tambang Kementerian ESDM Sunindyo Suryo Hendardi selaku ketua penitia Good Mining Practice Award 2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com