Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Selalu Jadi “Masalah”, Simak 3 Manfaat Utama Kartu Kredit

Kompas.com - 01/10/2023, 20:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit masyarakat yang membatasi penggunaan kartu kredit hanya karena takut terlilit utang. Tapi, pada dasarnya, pinjaman atau utang tidak selamanya memberi masalah dan beban bagi keuangan, selama mampu konsumen mampu mengontrol cara belanja, dan mengelola keuangan dengan baik.

Berdasarkan artikel keuangan Cermati yang diterima Kompas.com, Minggu (1/10/2023), memiliki kartu kredit pada zaman sekarang ini sudah dianggap sebagai salah satu hal yang wajib dimiliki untuk menopang gaya dan kebutuhan hidup. 

Fungsi kartu kredit adalah membantu seseorang melakukan pembayaran terhadap segala transaksi keuangan dengan mudah dan cepat. Mulai dari belanja bulanan, beli tiket pesawat hingga pembayaran biaya rumah sakit, semuanya bisa dibayar dengan gesek kartu kredit saja tanpa pusing harus membayar tunai di awal.

Baca juga: Simak Cara Aktivasi Kartu Kredit BCA Tanpa Harus ke Cabang

Terdapat 3 fitur yang tersedia pada kartu kredit yang bisa membuat keuangan kamu semakin sehat karena manfaatnya yang bisa menghemat pengeluaranmu baik untuk belanja kebutuhan bulanan atau pesan hotel untuk staycation dengan keluarga. Apa saja?

Pertama, adanya fitur cicilan 0 persen, yang merupakan skema cicilan yang memperbolehkan kamu menggunakan kartu kredit untuk membeli barang dengan cara mengangsurnya perbulan atau bahkan pertahun untuk melunasi total harga pembelian.

Program cicilan 0 persen tersebut juga memungkinkan angsuran tersebut dicicil tanpa adanya bunga atau yang disebut bunga 0 persen. Jadi selama periode cicilan, tidak akan ditagih bunga sama sekali atas pembelian produk yang menggunakan program tersebut.

Baca juga: Keuntungan dan Kerugian Menaikkan Limit Kartu Kredit, Apa Saja?

Ada juga cashback pada kartu kredit yang merupakan program pengembalian uang yang diberikan bank penerbit kartu kredit kepada pemegang kartu atas transaksi yang dilakukan. Untuk mendapatkan cashback kamu harus menggunakan kartu kredit tersebut. Contoh untuk makan di resto atau cafe tertentu, belanja, bahkan memesan tiket perjalanan.

Kemudian, ada fitur point reward yang dapat ditukarkan dengan berbagai macam hal seperti diskon hotel, voucher belanja, potongan tiket hingga bebas iuran tahunan. Namun sebelum bisa menukarkannya, pemegang kartu harus memenuhi jumlah point reward minimal terlebih dahulu.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan kartu kredit. Tapi bagi kamu yang ingin mulai menggunakan kartu kredit, ada baiknya jika kamu mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Selain itu, kamu juga harus pintar memanage cah flow kamu, agar kredit tidak menjadi beban dalam keuanganmu.

Baca juga: Kartu Kredit: Pengertian, Untung Ruginya, hingga Jenis-jenisnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com