Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luhut: Saya Merasa Kelelahan yang Amat Luar Biasa...

Kompas.com - 10/10/2023, 19:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan kondisinya selama sakit sejak Jumat (6/10/2023) lalu.

Hal ini Luhut ungkapkan dalam sebuah unggahan di media sosial Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan beberapa waktu lalu.

Luhut mengungkapkan, dirinya merasakan kelelahan yang tidak biasa sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit oleh istrinya, Devi Simatupang.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," tulis Luhut.

Baca juga: Menko Marves Luhut Sakit, Dokter Minta Bedrest

"Melihat kondisi suaminya yang tidak sewajarnya tersebut, istri saya kemudian berinisiatif membawa saya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut," sambungnya.

Sesampainya di rumah sakit dan diperiksa oleh tim dokter, Luhut dilarang untuk beraktivitas seperti biasa agar bisa memulihkan kesehatannya.

Bahkan Luhut tidak diperbolehkan oleh istrinya mengecek kabar dan berita terkini yang biasanya dialakukan setiap pagi.

Hal ini tentu membuatnya cukup bosan selama masa pemulihan di rumah sakit tersebut lantaran dia terbiasa bekerja dan melakukan berbagai kegiatan.

Namun, dia tetap menuruti anjuran tim dokter dan istrinya karena yakin itulah yang terbaik untuk kesehatannya saat itu.

"Saya memahami bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai pejabat mutlak diketahui oleh publik, untuk itu saya merasa perlu untuk berbagi kabar mengenai kondisi saya," ungkapnya.

Luhut Dirawat di Singapura

 

Baca juga: Kereta Cepat Diresmikan Hari Ini, Luhut Curhat Sempat Banyak Kendala Selama Pembangunannya

Luhut Dirawat di Singapura untuk menjalani pemulihan setelah ditawari oleh Menteri Senior Singapura Teo Chee Hean.

Tidak hanya sekadar pemulihan, Luhut juga melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif terkait kondisi kesehatannya.

"Beruntungnya, dan sekali lagi inilah misteri hidup yang tak pernah saya bayangkan. Begitu banyak cinta yang datang kepada saya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit," kata Luhut.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena telah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawatnya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com