Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Mitra AIS Forum, Lazada Komitmen Dukung Ekonomi Berkelanjutan di RI

Kompas.com - 13/10/2023, 18:19 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Lazada Indonesia (Lazada) berkolaborasi dengan AIS Forum mendukung ekonomi dan inisiatif berkelanjutan.
Komitmen ini dideklarasikan dalam KTT Archipelagic and Island State (AIS) 2023 di Nusa Dua, Bali pada 10-11 Oktober 2023.

Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia mengatakan bentuk kolaborasi Lazada dengan AIS Forum seperti inisiatif pembersihan sampah, penanaman pohon bakau, dan juga Island Hackathon.

Ia menjelaskan, sudah sejak lama Lazada menjalankan operasional bisnis yang lebih berkelanjutan dan ingin turut mendorong para pemangku kepentingan lainnya untuk bekerja sama memecahkan berbagai tantangan keberlanjutan di Indonesia.

Baca juga: Siap Bantu Seller, Lazada Fasilitasi Jualan Online yang Gampang dan Bebas Biaya Komisi

Ia menambahkan, saat berkolaborasi dengan AIS Forum, Lazada tidak hanya berbicara tentang visi terkait keberlanjutan, tetapi juga mengambil langkah nyata.

"Kami percaya bahwa tanggung jawab sosial perusahaan membutuhkan tindakan konkret. Melalui kemitraan ini, kami ingin menginspirasi perubahan positif yang bisa bermanfaat bagi Indonesia," kata Auberger melalui keterangan pers, Jumat (13/10/2023).

Penasihat Senior United Nations Development Programme (UNDP) Indonesia Abdul Wahib Situmorang, menjelaskan, salah satu tujuan dari AIS Forum yakni mengoptimalkan berbagai peluang ekonomi secara berkelanjutan. Serta, untuk mengatasi masalah-masalah terkait inisiatif-inisiatif berkelanjutan.

Baca juga: AIS Forum Bangun Era Baru Ekonomi Biru Berkelanjutan

AIS Forum, lanjutnya, juga akan membagikan solusi-solusi sederhana yang inovatif dan sudah terbukti.

“Untuk kemudian bisa diterapkan di negara-negara lain yang punya masalah serupa. Hal ini kami sebut sebagai solusi cerdas dan inovatif (smart and innovative solutions)," katanya.

Kepala Sekretariat AIS, Riny Modaso menambahkan, AIS Forum menjadi
medium untuk mengembangkan para pelaku usaha ekonomi untuk kemudian menghubungkannya kepada pemangku kepentingan terkait.

“Hal ini bertujuan untuk mendukung pertukaran pengetahuan, kolaborasi di sektor ekonomi berkelanjutan,” kata Riny.

Sebagai informasi, KTT AIS Forum dihadiri lebih dari 25 negara partisipan.

Dalam rangkaian acara tersebut, Lazada Indonesia (Lazada) yang juga merupakan mitra Archipelagic and Island States (AIS) Forum turut serta berbagi pengalamannya dalam
mendukung ekonomi dan inisiatif berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com