Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investasi Apple di Indonesia Capai Rp 1,6 Triliun, Bahlil: Belum Ada Komunikasi ke Kami

Kompas.com - 30/04/2024, 05:08 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple telah berkomitmen untuk membangun empat infrastruktur pendidikan atau Apple Developer Academy di Indonesia senilai Rp 1,6 triliun.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima permohonan investasi maupun perizinan dari Apple terkait komitmen tersebut.

Namun bukan berarti Apple tidak jadi merealisasikan investasinya di Indonesia. Sebab, bisa saja komitmen Apple itu telah disampaikan ke kementerian teknis lain.

Baca juga: Foxconn Tak Kunjung Bangun Pabrik di RI, Bahlil: Masih Nego Terus...

Kata Bahlil, proses awal investasi bisa saja ditangani oleh kementerian lain bukan Kementerian Investasi atau BKPM.

"Jujur saja sampai dengan sekarang belum ada komunikasi ke pihak kami. Mungkin komitmen sudah sampai kepada Presiden tapi tindakan juga belum. Biasanya ini Kemenkominfo ya," ujarnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (29/4/2024).

Dia juga tidak dapat memberikan penjelasan lebih lanjut terkait komitmen Apple lantaran tidak ikut mendampingi Presiden Joko Widodo saat menemui CEO Apple Tim Cook pada Rabu (17/4/2024) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

"Kebetulan saya kemarin di luar daerah jadi tidak ikut mendampingi daripada CEO ini sehingga saya tidak bisa menjawab secara detail," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang mendampingi Presiden Jokowi, Apple telah meneken perjanjian investasi terbaru.

Dalam perjanjian tersebut, disepakati bahwa Apple wajib membangun infrastruktur pendidikan atau Apple Developer Academy yang keempat yakni di Bali.

Sebelumnya, Apple sudah memiliki tiga infrastruktur pendidikan di Indonesia. Ketiganya berada di Tangerang Selatan, Batam, dan Surabaya.

Agus menyebutkan, dengan adanya tambahan satu pembangunan Apple Developer Academy ini maka nilai investasi Apple di Indonesia saat ini sekitar Rp 1,6 triliun.

Baca juga: Jokowi Ajak Apple Buka Pabrik di RI hingga Kembangkan Smart City di IKN

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com