Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Masih Pegang Rp 616 Triliun, Jokowi: "Napas" RI Masih Panjang

Kompas.com - 24/10/2023, 15:05 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, keuangan negara dalam kondisi yang baik. Hal ini seiring dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih memegang anggaran senilai Rp 616 triliun.

"APBN saya cek sampai 13 Oktober kemarin, Ibu Menkeu masih pegang uang yang menurut saya masih gede bangetlah, kira-kira Rp 616 triliun. Jadi untuk napas panjang sampai 2024 masih aman," ujarnya dalam acara BNI Investor Daily Summit 2023, di Hutan Kota Plataran, Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Baca juga: Jokowi Sebut Depresiasi Rupiah Masih Aman

Kepala Negara itu pun berkelakar bahwa kondisi keuangan negara bisa tecermin dari ekspresi yang ditunjukkan Sri Mulyani.

Ia bilang, jika bertemu Sri Mulyani dan ekspresi yang ditunjukkan adalah senyuman maka menandakan keuangan negara masih dalam kondisi yang aman. 

"Kalau pagi ketemu Bu Sri Mulyani masih tersenyum, saya juga di hati, 'Saya masih tenang, ya Tuhan'. Kalau sudah enggak ada senyumnya itu mesti kita tanda tanya," kelakar Jokowi.

Baca juga: Jokowi: Dunia Makin Tidak Jelas, Tantangan Makin Bertambah

Lebih lanjut, ia menyebutkan, kondisi Indonesia saat ini masih cukup baik di tengah pelemahan ekonomi global. Hal ini tecermin dari ekonomi RI yang masih tumbuh di atas 5 persen.

Selain itu, depresiasi nilai tukar rupiah juga dinilai masih dalam kondisi yang aman, baik untuk sektor riil maupun sektor keuangan, begitu pula terhadap inflasi.

"Kemarin saya bertemu dengan Pak Gubernur BI dan OJK, saya tanya pertumbuhan kredit di angka berapa? Menurut saya, masih tumbuh baik di 8,69 persen, angka yang menurut saya akan cukup baik," pungkasnya.

Baca juga: Jokowi Ingatkan Potensi Kenaikan Harga Minyak Dunia Imbas Konflik Israel-Hamas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com