Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Mundur dari Wamen BUMN, Rosan Roeslani juga Mundur dari Wakil Komut Pertamina

Kompas.com - 25/10/2023, 19:50 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rosan Roeslani tak hanya mengundurkan diri dari jabatan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN) tapi juga Wakil Komisaris Utama (Wakil Komut) PT Pertamina (Persero).

Pengunduran diri Rosan Roeslani dari posisi Wakil Komut Pertamina dikonfirmasi langsung oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia bilang, Rosan mengajukan pengunduran diri pada pagi tadi.

"Beliau (Rosan) sudah ajukan surat pengunduran diri sebagai Wakil Komut Pertamina, tadi pagi terima suratnya," ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (25/10/2023).

Sebelumnya, Rosan ditunjuk menjadi Wakil Komut Pertamina oleh Menteri BUMN Erick Thohir pada 27 Juli 2023 lalu. Ia menggantikan posisi Pahala Mansury, yang kala itu bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Baca juga: Rosan Roeslani Mundur dari Wamen BUMN, Ini Respons Stafsus Erick Thohir

Rosan juga telah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pengajuan 'resign' itu pun sudah dikabulkan Jokowi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Rosan secara hormat diberhentikan melalui Keputusan Presiden (Keppres) tertanggal 25 Oktober 2023.

"Pak Rosan telah mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai Wamen BUMN terhitung tanggal 24 Oktober 2023," ujar Ari dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Rabu (25/10/2023).

Baca juga: Wamen BUMN Buka Suara Soal Kereta Cepat Jakarta-Bandung Disebut Baru Bisa Balik Modal 139 Tahun

Adapun pengunduran diri Rosan Roeslani dari jabatan Wamen BUMN dan Wakil Komut Pertamina dikarenakan dia menjadi ketua tim kampanye nasional pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hal itu diketahui dari pernyataan Prabowo saat berpidato di hadapan jajaran elite partai politik anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) serta para pendukung dan simpatisan sebelum mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (25/10/2023).

"Yang saya hormati, Bapak Rosan Roeslani, Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo.

Baca juga: Hanya 9 Trainset yang Beroperasi, LRT Jabodebek Batalkan 103 Perjalanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com