Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTDI Ekspor 6 Unit Pesawat NC212i ke Filipina

Kompas.com - 25/10/2023, 19:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI mengekspor enam unit pesawat terbang NC212i ke Filipina senilai 79 juta dollar AS. Keenam pesawat terbang produksi PTDI tersebut dipesan Department of National Defense/Armed Forces of Philippines (DND/AFP).

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan Sumber Daya Manusia PT Dirgantara Indonesia Wildan Arief mengatakan, Filipina telah memesan pesawat terbang hasil produksi PTDI untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, Wildan mengungkapkan, PTDI memberikan apresiasi tinggi atas dukungan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dalam program penjualan pesawat terbang NC212i produksi PTDI ke Filipina.

Baca juga: Bakal Diresmikan Hari Ini, Bandara Mentawai Bisa Dilandasi Pesawat ATR dan Private Jet

"Kementerian Keuangan RI memberikan solusi pembiayaan untuk ekspor enam unit pesawat terbang NC212i yang dipesan (DND/AFP) Filipina senilai 79 juta dollar AS," kata Wildan dalam siaran pers, Selasa (24/10/2023).

Ia menjelaskan, pembiayaan tersebut dilakukan dengan skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE) atau National Interest Account (NIA) untuk mendukung industri manufaktur alat transportasi strategis nasional.

Wildan berharap, adanya solusi pembiayaan dari LPEI dapat menjadi keran pembuka ekspor pesawat terbang produksi PTDI lebih banyak lagi ke negara-negara lain yang pada akhirnya dapat meningkatkan devisa Indonesia.

“Kami harap PTDI dapat bangkit kembali, terbang tinggi melintasi langit, dan terus berkibar,” tuturnya.

Baca juga: Jokowi Minta Pabrik Pindad dan PTDI Pindah ke Subang

Asal tahu saja, pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan winglet, ramp door, dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Hingga saat ini terhitung sebanyak 123 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 606 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Direktur Baru PTDI

Perjanjian pembiayaan LPEI terhadap PTDI merupakan pemberian fasilitas ketiga yang dilakukan LPEI sejak 2018 lalu.

Sebelumnya, LPEI telah memberikan dua fasilitas modal kerja ekspor untuk mendukung pelaksanaan kontrak PTDI dengan Nepal berupa 1 unit CN235-220 Military Transport senilai 30 juta dollar AS.

Dan kontrak PTDI dengan Senegal berupa 1 unit CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) senilai 24 juta dollar AS, yang mana kedua unit pesawat tersebut telah berhasil dikirimkan pada tahun 2021. (Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto)

Baca juga: Erick Thohir Angkat Marsekal TNI Jadi Dirut PTDI

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: PTDI Sudah Produksi dan Kirimkan 123 Uni Pesawat NC212i ke Pembeli hingga Saat Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com