Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Alasan Kenapa Uang di ATM Tidak Bisa Diambil Padahal Ada Saldonya

Kompas.com - 02/11/2023, 19:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya? Bagi Anda para nasabah perbankan, mungkin pernah mengalami kejadian ATM tidak dapat mengeluarkan uang.

Anda mungkin akan bertanya saat saldo di rekening masih ada, namun demikian ATM tidak bisa mengeluarkan uang.

Nah sebenarnya ada beberapa penyebab ATM tidak dapat mengeluarkan uang meski saldonya bisa dianggap cukup di rekening atau melebihi batas saldo minimal mengendap.

Kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya

Merangkum beberapa situs perbankan, berikut ini beberapa alasan ATM tidak bisa mengeluarkan uang.

Baca juga: Cara Memasukkan Kartu ATM BRI yang Benar dan Aman

1. Mesin ATM gangguan

Penyebab paling sering terjadi ATM tidak dapat mengeluarkan uang adalah mesin ATM mengalami gangguan, terutama gangguan pada sistem jaringan maupun software di dalamnya.

Ciri khas dari ATM mengalami gangguan sistem adalah keterangan pada layar yang menampilkan tulisan berupa 'Transaksi Tidak Dapat Diproses’. Keterangan pada mesin ATM biasanya menyarankan nasabah menggunakan ATM di tempat lain.

Solusi lainnya, tunggu hingga petugas perbaikan datang dan memperbaiki mesin ATM yang mengalami gangguan tersebut.

2. Kartu debit sudah kadarluasa

Penyebab kedua ATM tidak bisa mengeluarkan uang adalah kartu debit yang Anda pergunakan sudah lewat masa kadarluasa.

Kadarkuasa pada kartu debit dapat bervariasi tergantung pada bank atau lembaga keuangan yang mengeluarkan kartu debit tersebut. Biasanya, bank akan menetapkan kadarluasa selama 5 tahun sejak diterbitkan.

Agar terhindar dari masalah ini, selalu ingat kapan kartu Anda akan kadarluasa. Masa kadarluasa tampak jelas pada bagian depan kartu ATM. Solusinya, Anda harus datang ke kantor cabang dan melakukan penggantian kartu.

Kartu debit sudah kadarluasa juga bisa jadi penyebab ATM tidak dapat mengeluarkan uang. Alasan lainnya kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya adalah kartu masih menggunakan pita magnetik.Muhammad Idris/Money.kompas.com Kartu debit sudah kadarluasa juga bisa jadi penyebab ATM tidak dapat mengeluarkan uang. Alasan lainnya kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya adalah kartu masih menggunakan pita magnetik.

3. Kartu debit terblokir

Penyebab kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya ketiga yang cukup umum adalah karena kartu yang Anda pakai sudah terblokir.

Beberapa alasan kartu debit nasabah terblokir adalah karena kesalahan memasukan PIN sebanyak tiga kali atau terjadi transaksi yang dianggap mencurigakan sehingga pihak perbankan biasanya akan memblokir kartu secara otomatis tanpa sepengetahuan nasabah.

Jika terjadi demikian, maka Anda harus datang ke kantor cabang bank dan bertemu dengan petugas layanan customer service untuk membuka pemblokiran kartu.

Kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya bisa terjadi karena kartu debit diblokir pihak bank.Muhammad Idris/Money.kompas.com Kenapa uang di ATM tidak bisa diambil padahal ada saldonya bisa terjadi karena kartu debit diblokir pihak bank.

4. Kartu ATM rusak

Seringkali ATM tidak dapat mengeluarkan uang terjadi karena kartu Anda mengalami kerusakan. Nah saat rusak, terutama pada bagian chip, mesin ATM tidak bisa membaca kartu dengan baik.

Bahkan tak jarang, akibat kartu rusak ini, sistem di mesin ATM tidak bisa membaca informasi kartu sehingga kartu debit Anda tertelan alias sulit untuk keluar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com