Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MIND ID Jadi Pengendali Vale Indonesia

Kompas.com - 10/11/2023, 14:38 WIB
Yohana Artha Uly,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, pelepasan atau divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) ke Holding BUMN Pertambangan MIND ID disepakati sebesar 14 persen.

"Vale sudah diputusin. Jadi yang dilepas Vale adalah 14 persen lagi, grup ya," ujarnya saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Saat ini saham Vale Indonesia dipegang oleh Vale Canada Limited sebesar 43,79 persen, yang juga sebagai pengendali, dan sebesar 15,03 persen dimiliki Sumitomo Metal Mining.

Baca juga: Kelanjutan Divestasi Vale Ada di Tangan Kementerian BUMN

Lalu sekitar 20 persen dipegang publik dengan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sementara Mind ID sendiri sudah memiliki 20 persen saham Vale Indonesia.

Dengan penambahan 14 persen saham dari divestasi tersebut, maka total MIND ID akan mengantongi 34 persen saham Vale Indonesia. Porsi ini sekaligus membuat MIND ID menjadi pemegang saham mayoritas Vale Indonesia.

"MIND ID jadi bisa 34 persen dan itu mayoritas daripada yang lain," kata Arifin.

Baca juga: Soal Divestasi Saham Vale, Ini Kata Erick Thohir

Terkait harga dari 14 persen saham Vale Indonesia yang dilepas ke MIND ID tersebut, dia bilang, hal itu merupakan kesepakatan antara pemegang saham secara business to business (B2B).

"Yang penting harganya harus special price buat kita," kata dia.

Adapun divestasi saham lanjutan Vale Indonesia dilakukan untuk memenuhi syarat perpanjangan kontrak karya yang akan berakhir di 28 Desember 2025, yakni minimal 51 persen saham dikuasai oleh pihak Indonesia.

Baca juga: Soal Divestasi Saham, Vale Indonesia: Kami Ikuti Keputusan Pemagang Saham

Sebelumnya, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, proses divestasi saham Vales Indonesia tinggal finalisasi dan telah disepakati pelepasannya sebesar 14 persen.

Dengan demikian pihak Indonesia akan memiliki 54 persen saham Vale Indonesia, terdiri dari 34 persen saham jadi milik MIND ID dan 20 persen saham tercatat di BEI.

"Jadi kalau diakumulasi itu sama dengan 54 persen," kata Bahlil di Istana Negara, Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: OJK Minta Keterangan Vale soal Divestasi Saham

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com