Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Keterisian Kereta Cepat Whoosh Capai 98,5 Persen

Kompas.com - 13/11/2023, 18:05 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Whoosh kembali memecahkan rekor jumlah penumpang hariannya. Pada 12 November 2023, jumlah penumpang yang dilayani mencapai 21.312 penumpang. Jumlah ini dicapai melalui pengoperasian 36 jadwal perjalanan dengan rincian 28 perjalanan reguler dan 8 perjalanan tambahan.

Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, angka volume penumpang tersebut menjadi capaian kinerja angkutan tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh beroperasi. Sebelumnya volume penumpang tertinggi terjadi pada 11 November sebanyak 20.000 penumpang dan 4 November di 18.000 Penumpang.

"Dibandingkan pekan lalu terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh sebesar 18 persen atau sebanyak 3.259 penumpang. Dari sisi jumlah perjalanan, terjadi peningkatan jumlah perjalanan sebesar 12 persen dari 32 perjalanan di 4 November menjadi 36 perjalanan di 11 dan 12 November," ungkap Eva dalam keterangan tertulis, Minggu (12/11/2023).

Baca juga: Jumlah Penumpang Kereta Cepat Whoosh Kini 21.312 Orang Per Hari

Peningkatan jumlah penumpang ini seiring dengan adanya peningkatan jumlah perjalanan di akhir pekan. Kereta Cepat Whoosh kini menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya.

Berdasarkan data tiket terjual, dari 21.312 penumpang, 497 penumpang atau 2,3 persen di antaranya merupakan penumpang first class, 886 penumpang atau 4,2 persen penumpang business class, dan 19.929 penumpang atau 93,5 persen penumpang premium economy class.

Baca juga: Waktu Tunggu Kereta Cepat Whoosh Hanya 40 Menit di Jam Sibuk

"Rata-rata okupansi masing-masing perjalanan mencapai 98,5 persen. Adapun untuk jadwal tertentu okupansinya mencapai 100 persen atau terjual habis. Melihat tingginya permintaan penumpang tersebut, KCIC secara berkala juga melakukan evaluasi khususnya terkait jadwal dan jumlah perjalanan kereta," tutur Eva.

KCIC berharap, ke depannya penumpang akan tetap terus tinggi dan semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran Kereta Cepat Whoosh, termasuk peningkatan dari berbagai sektor seperti pariwisata, UMKM dan lainnya. (Reporter: Shobihatunnisa Akmalia | Editor: Herlina Kartika Dewi)

Baca juga: Stasiun Kereta Cepat Whoosh Karawang Beroperasi Awal 2024

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Kereta Cepat Whoosh Angkut 21.000 Penumpang, Rata-rata Okupansi 98,5 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com