Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Kediri-Tulungagung Penghubung Bandara Dhoho Dibangun Akhir 2023

Kompas.com - 17/11/2023, 06:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) mengungkapkan proyek pembangunan Jalan Tol Kediri-Tulungagung akan dimulai pada akhir tahun ini seiring dengan ditandatanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada Kuartal IV 2023.

Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan, saat ini jalan tol yang akan menghubungkan Bandara Dhoho itu sudah dilelang dan sedang dalam proses penetapan pemenang.

"Karena Bandara Dhoho sudah mau finishing dan agar lebih optimal dibangun jalan tolnya oleh Gudang Garam ya. Saat ini sudah dalam proses, lelang sudah ada pemenangnya ," ujarnya dalam sebuah diskusi di Hotel GranDhika, Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Adapun Tol Kediri-Tulungangung yang memiliki panjang 44,51 kilometer ini diprakarsai oleh PT Gudang Garam Tbk dengan nilai investasi sebesar Rp 10,25 triliun.

Baca juga: Menhub: Bandara Dhoho Kediri Contoh Keterlibatan Swasta Bangun Konektivitas

Selain jalan Tol Kediri-Tulungangung, jalan Tol Bogor-Serpong via Parung juga telah mengantongi pemenang lelang dan akan segera menandatangani PPJT dalam waktu dekat.

Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung memiliki panjang 31,12 kilometer dengan nilai investasi Rp 8,95 triliun. Adapun pemrakarsa ruas tol ini ialah PT Pamapersada Nusantara.

"Akhir tahun ini 2023 untuk yang di Tulungagung dan Kuartal I 2024 untuk Bogor-Serpong," kata dia.

"Dan juga sedang dalam proses lelang atau proses rencana PPJT itu ada Tol Sentul Selatan sampai Karawang Barat sebesar 61,50 km dan Tol Gedebage-Tasik-Ciamis atau Getaci sebesar 108,3 km dengan biaya investasi Rp 37,64 triliun," sambungnya.

Baca juga: Ditinjau Luhut, Apa Kabar Bandara Kediri yang Dibangun Gudang Garam?

 


Dia mengungkapkan, per November 2023 jalan tol yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia sepanjang 2.816,7 kilometer.

Sementara per 16 November 2023, jalan tol yang sedang dalam proses konstruksi di Pulau Jawa sepanjang 268,72 km dan di Sumatera sepanjang 331,93 km dengan 13 badan usaha jalan tol dan 16 ruas jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com