Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran Domain .ID di Internet Berbasis Blockchain Dipermudah, Kirim dan Terima Kripto Bakal Makin Cepat

Kompas.com - 19/11/2023, 18:00 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan atau pengguna internet yang ingin mendaftarkan domain .ID untuk website konvensional (Web2) dan website internet berbasis blockchain (Web3) bakal makin mudah melalui layanan terbaru Melsa ISP.

Melsa ISP adalah perusahaan Internet Service Provider (ISP) generasi awal asal Bandung. Melalui unit usahanya bidang pengelolaan nama domain internet (Name Management) bekerja sama dengan AllDomains, Melsa ISP meluncurkan layanan baru yang memungkinkan pengguna internet melakukan pendaftaran domain .ID di Web2 dan Web3 secara bersamaan.

Heru Nugroho, Chief Commercial Officer (CCO) Melsa ISP, menyatakan bahwa layanan ini merupakan komitmen dari Melsa Group dalam upayanya untuk ikut serta mengembangkan industri internet di Indonesia dan mendukung pertumbuhan nama domain internet berekstensi .ID.

Baca juga: Tren Phishing Domain Id Capai 34.622 Kasus, Lembaga Pemerintahan Rentan Jadi Sasaran

Dengan domain .id yang terdaftar melalui https://alldomains.id, pengguna tidak hanya dapat mengirim dan menerima kripto secepat mengirim email tetapi juga menetapkan identitas mereka di Web3.

Layanan yang tersedia di https://alldomains.id, adalah portal kolaboratif antara Melsa ISP dan pengembang blockchain, diluncurkan pada platform blockchain Solana karena kemampuannya memproses ribuan transaksi per detik dan gas fee yang sangat murah dibandingkan dengan platform blockchain lainnya.

Claudiu Dorobantu, salah satu pendiri AllDomains, mengatakan kolaborasi dengan Melsa, menandai upaya perintis untuk menjembatani kesenjangan antara nama domain tradisional dan ekosistem Web3.

"Kemitraan strategis ini merupakan langkah penting untuk membentuk masa depan domain, memperkenalkan peningkatan penting untuk memenuhi tuntutan lanskap digital yang terus berkembang," katanya.

Baca juga: Harga Nama Domain .id Naik Mulai 1 April 2022

Industri domain Web3

Sebagai informasi, Web3 adalah generasi internet terbaru yang sedang dikembangkan menggunakan teknologi blockchain.

Web3 memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berbisnis dengan pengguna lain secara langsung tanpa perantaraan pihak ketiga seperti bank atau social media.

Hal ini disebabkan karena Web3 memiliki program dan tools yang tidak dikendalikan oleh satu perusahaan sehingga menjadikannya lebih demokratis dan dapat diakses oleh semua orang.

Ekstensi domain .ID diyakini akan menjadi favorit dalam industri domain Web3. Pengembangan teknologi blockchain, khususnya dalam industri nama domain, telah berlangsung selama beberapa tahun.

Name Management selaku salah satu Registrar terakreditasi PANDI (Registri .ID), merasa perlu untuk merealisasikan layanan ini untuk domain .ID karena keterkaitan erat teknologi blockchain dengan identitas digital.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com