Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Rayakan HUT Pertama Komunitas GGC, Alumni Utarakan Manfaat Praktikkan NLP dalam Berbisnis

Kompas.com - 30/11/2023, 21:09 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com − Komunitas Growing Glowing Community of NLP Indonesia Graduates (GGC) merayakan ulang tahunnya yang pertama, Sabtu (4/11/2023).

Lewat perayaan sederhana, para alumnus program Neuro-Linguistic Programming (NLP) dari Guru Besar NLP Indonesia, Hingdranata Nikolay atau karib disapa Hing, hadir dan mengutarakan maanfaat dari mempraktikkan ilmu tersebut dalam kehidupan.

Sebagai informasi, GGC didirikan oleh inisiatif alumnus program NLP yang digelar Hingdranata Nikolay.

Adapun NLP adalah ilmu yang mempelajari struktur internal, meliputi pikiran, perasaan dan perilaku manusia yang efektif dan berguna.

Baca juga: 5 Keahlian yang Harus Diasah untuk Kembangkan Karier di Tahun 2024

NLP diformulasikan di era 70-an oleh Dr Richard Bandler dan Prof John Grinder. Saat ini, ilmu tersebut merupakan salah satu skill populer di dunia sehingga pengaplikasiannya meluas di area pengembangan diri, komunikasi, penjualan, coaching, bisnis, sampai ke area terapi dan konseling.

Praktik NLP dalam berbisnis

Manfaat dari mempraktikkan ilmu NLP, utamanya dlaam berbisnis diutarakan oleh salah satu anggota komunitas, yakni seorang pengusaha spare part mobil yang hadir di acara ulang tahun GGC, Fukie Widjaja.

“Saya ikut kelas Pak Hing pada 2019 karena pada saat itu saya alami panic attack yang sudah sampai pada anxiety disorder. Dengan NLP yang diajarkan Pak Hing, saya berhasil mengatasi masalah saya itu. Setelahnya, ada perubahan pada diri saya, yang tadinya tidak berani bersosialisasi, sekarang saya sudah berani bersosialisasi sehingga bisnis terus berkembang,” cerita Fukie.

Perlu diketahui, Hing merupakan orang pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan gelar kehormatan sebagai Licensed Master Trainer NLP. Lebih dari 1.500 praktisi dan Master Praktisi NLP lulusannya telah berlisensi resmi internasional.

Saat ini, sudah lebih dari 20 tahun ia menjadi mitra puluhan perusahaan nasional dan multinasional untuk pengembangan organisasi dan sumberd aya manusia (SDM) mereka.
Nama-nama besar seperti BCA, Bank Mandiri, Djarum Group, Danone Group, RAPP, OCBC NISP, Prudential, Allianz, dan Manulife, mempercayakan Hing sebagai mitra reguler pengembangan SDM mereka.

Hing juga adalah coach dan konsultan pribadi untuk beberapa figur publik dan juga pernah menjadi pelatih mental bagi anak-anak Timnas U23 sepakbola di Sea Games 2013.
Diikuti para pebisnis

Lewat kelasnya yang berdurasi selama tujuh hari, Hing memberi pengaruh besar terhadap perubahan hidup, karier, dan bisnis mereka.

Hing mengajar dan memberi inspirasi mengenai teknik NLP sehingga mereka sendiri yang dapat mengatasi gangguan psikologisnya, seperti kecemasan kronis, fobia, trauma, tidak percaya diri, arah hidup yang tidak jelas, hingga masalah kontrol emosi.

Kemampuan baru tersebut mereka manfaatkan dan maksimalkan untuk melakukan perubahan dan pemberdayaan tim dan bisnisnya masing-masing.

“Selama bertahun-tahun saya ikut training, baru kali saya menemukan seorang trainer yang one of a kind. Saya merasa beruntung sekali bisa mengenal seorang mentor, coach, guru, sahabat dan yang saya dan teman-teman saya sudah anggap seperti keluarga”, ujar pengusaha dari Jakarta, Kent Riley.

Manager salah satu perusahaan nutrisi multinasional Herawati Anwar yang juga ikut hadir mengaku awalnya punya masalah dengan kendali emosinya. Setelah belajar NLP, ia mengaku menjadi lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com