Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Ekonomi Dimaknai Sebagai Suatu Proses Apa?

Kompas.com - 02/12/2023, 00:01 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - pertumbuhan ekonomi dimaknai sebagai suatu proses penambahan produksi barang dan jasa dalam satu periode, biasanya dalam setahun.

Mengutip laman Investopedia, pertumbuhan ekonomi merupakan peningkatan produksi barang dan jasa ekonomi pada suatu periode waktu dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Hal ini dapat diukur secara nominal atau riil (disesuaikan untuk menghilangkan inflasi). Secara tradisional, pertumbuhan ekonomi agregat diukur dalam produk nasional bruto (GNP) atau produk domestik bruto (PDB).

Dalam bahasa yang sederhana, pertumbuhan ekonomi merujuk pada peningkatan dalam jumlah produksi bruto suatu negara atau wilayah dalam suatu periode waktu tertentu.

Baca juga: Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen: Optimisme atau Keharusan?

Ini sering diukur dengan menggunakan PDB, yang mencakup nilai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara dalam batas wilayahnya, baik oleh perusahaan domestik maupun asing.

Pertumbuhan ekonomi dapat diukur dalam persentase, menunjukkan perubahan relatif dari satu periode ke periode lainnya.

Pertumbuhan ekonomi yang positif dianggap sebagai indikator kemakmuran ekonomi dan bisa memberikan manfaat seperti peningkatan lapangan kerja, kenaikan pendapatan, dan peningkatan standar hidup.

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, termasuk investasi, inovasi, kebijakan pemerintah, tingkat pendidikan, dan stabilitas politik.

Baca juga: PDB AS Tumbuh 5,2 Persen pada Kuartal III-2023

Pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan umumnya dianggap sebagai tujuan ekonomi nasional karena dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi masyarakat, mengurangi tingkat pengangguran, dan meningkatkan kesejahteraan.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pertumbuhan ekonomi bukan satu-satunya ukuran keberhasilan suatu negara.

Faktor lain seperti distribusi pendapatan, ketidaksetaraan, dan dampak lingkungan juga perlu dipertimbangkan untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang kesejahteraan ekonomi dan sosial suatu masyarakat.

Pada dasarnya pertumbuhan ekonomi dimaknai sebagai suatu proses naiknya jumlah barang dan jasa dalam suatu negara selama setahun.DOK. Perlindo Pada dasarnya pertumbuhan ekonomi dimaknai sebagai suatu proses naiknya jumlah barang dan jasa dalam suatu negara selama setahun.

Baca juga: Milenial dan Gen Z Penopang Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com