Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

Dorong Ekspor UMKM hingga Layanan Baru, Ini Sepak Terjang Shopee Sepanjang 2023

Kompas.com - 20/12/2023, 18:10 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Platform e-commerce Shopee berperan besar dalam membantu produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia untuk go global sepanjang 2023.

Hingga pertengahan Desember 2023, Program Ekspor Shopee telah berhasil membantu sekitar 26 juta produk UMKM menembus pasar internasional.

Angka tersebut meningkat sebanyak 30 persen jika dibandingkan dengan capaian program tersebut pada Agustus 2023.

Secara terperinci, sepanjang Agustus hingga Desember 2023, Shopee berhasil mengekspor lebih 50.000 produk UMKM Indonesia ke berbagai negara.

Adapun sejumlah produk yang diekspor tersebut berasal dari berbagai kategori. Dari seluruh kategori, produk fesyen dan home living menjadi produk lokal yang paling laris.

Untuk diketahui, keberhasilan Shopee dalam mendorong pertumbuhan produk UMKM lokal ke kancah global tak lepas dari berbagai upaya penguatan yang dilakukan sepanjang 2023.

Salah satu upaya itu adalah membangun ekosistem ekspor dengan gencar melalui upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dapat menunjang aktivitas ekspor.

Pengembangan tersebut dilakukan melalui kehadiran program Gerakan Ekspor UMKM Serentak di 10 Kota yang menyasar 1.000 pegiat UMKM lokal.

Selain memberikan pelatihan, Shopee juga membangun infrastruktur baru berupa Gudang Ekspor Shopee.

Gudang itu diklaim dapat menampung puluhan ribu produk UMKM Lokal untuk diekspor ke berbagai benua, seperti Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.

Efektivitas program tersebut pun membuahkan hasil. Ini terlihat dari jumlah produk ekspor UMKM yang meningkat hingga 4 kali lipat selama program kampanye 10.10 dan 11.11.

Berkat semua upaya tersebut, Shopee jadi salah satu platform e-commerce paling berpengaruh di Tanah Air yang menyumbang nilai transaksi terbesar pada sektor ekonomi digital.

Berdasarkan laporan terbaru dari Google, Temasek, dan Bain & Company, nilai transaksi bruto (GMV) e-commerce di Indonesia ditaksir mencapai angka 62 miliar dollar AS pada 2023 atau 75,6 persen dari total GMV sektor ekonomi digital nasional.

Capaian tersebut tidak terlepas dari peranan e-commerce yang turut memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan UMKM lokal dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Terus tingkatkan layanan

Tidak hanya fokus pada pengembangan UMKM lokal, Shopee juga terus meningkatkan layanan dan fiturnya untuk memberikan layanan yang lebih baik lagi bagi para penggunanya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com