Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cak Imin Singgung Proyek Pusat di Solo, Gibran: Jangan Tendensius Gus

Kompas.com - 22/12/2023, 21:48 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menilai cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengajukan pertanyaan tendensius.

Hal itu karena Cak Imin menyinggung proyek pemerintah pusat yang banyak dibangun di Solo. Seperti diketahui, Gibran adalah Wali Kota Solo.

"Tidak perlu tendensius seperti itu. Kita lihat impact-nya ke warga seperti apa, UMKM meningkat, kesejahteraan meningkat, lapangan pekerjaan terbuka," kata dia saat debat Cawapres 2024 di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Gibran: Hilirisasi Jadi Solusi Tingkatkan Nilai Perdagangan Indonesia

"Jadi tidak melihat, 'oh ini (Solo) dianakemaskan. Pemerataan pembangunan harus dilakukan di mana-mana, tidak hanya di Solo," imbuh dia.

Lebih lanjut, Wali Kota Solo itu menerangkan, saat ini Indonesia telah melakukan pemerataan pembangunan. Ia menyebut sebanyak 53 persen investasi saat ini sudah berada di luar Jawa.

Sebelum Gibran menjabat, jumlah proyek dan anggaran yang yang digelontorkan ke Solo disebut jauh lebih banyak.

"Kalau kita ingin fair, jumlah proyek, jumlah anggaran yang digelontorkan ke Solo sebelum saya jadi wali kota jauh lebih besar," ungkap dia.

Baca juga: Gibran Akan Lanjutkan Hilirisasi Digital di Berbagai Sektor

Baca juga: Gibran Curhat, Banyak Orang Nyinyir Program Makan Siang Gratis Rp 400 Triliun

"Saya tahu ini arah pertanyaannya ke mana, tapi yang jelas apa yang sudah dibangun yang dilihat bukan bangunan fisiknya saja, tapi kita lihat impact-nya ke warga," ujar dia.

Sebagai contoh, Gibran membangun kebun binatang Solo Safari tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Gibran juga membangun masjid menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari Abu Dhabi. Hal itu dapat mendorong pertumbuhan UMKM dan kegiatan wisata.

Baca juga: Mahfud Sindir Gibran soal IKN: Belum Ada Satu Pun Investor yang Masuk

Gibran mengklaim, pada saat Idul Fitri 2023 kunjungan wisatawan ke Solo melebihi kunjungan wisatawan ke Yogyakarta.

"Pemerataan pembangunan sudah terjadi di mana-mana bukan hanya di Solo, dan itu fakto lho Gus, proyek di Solo sebelum saya menjabat itu lebih banyak," tandas dia.

Sebelumnya, cawapres nomor urut 1 yang karib disapa Cak Imin menyebut berbagai proyek besar berhasil dibangun di Solo, Jawa Tengah.

"Saya ingin Pak Gibran menyebutkan tips and trik agar bupati, wali kota, dan pemerintah daerah yang lain bisa belajar agar proyek besar bisa berada, dimasukkan ke kota Solo? Bagaimana caranya?," ungkap Cak Imin.

Baca juga: Gibran: Program Makan Siang Gratis adalah Investasi untuk Indonesia Emas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com