Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Metode Pembayaran Paling Populer di "E-commerce"

Kompas.com - 04/01/2024, 15:01 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belanja online sudah jadi salah satu bagian kehidupan masyarakat di era digital. Beberapa aplikasi belanja online atau e-commerce banyak menawarkan promo dan diskon menarik, khususnya saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Selain berbelanja, kamu juga perlu mengetahui metode pembayaran e-commerce. Setiap metode tentu memiliki fitur yang berbeda.

Kamu perlu memahami fitur setiap metode pembayaran agar bisa memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Baca juga: Sektor Logistik Diprediksi Menggeliat pada 2024, Berkat Pemilu hingga E-commerce

Dilansir laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kamis (4/1/2024), berikut 8 metode pembayaran yang ditawarkan aplikasi e-commerce:

1. E-wallet atau dompet elektronik

E-wallet adalah layanan keuangan digital yang berfungsi menyimpan uang untuk transaksi pembayaran secara digital. Pembayaran dengan metode ini memanfaatkan saldo dompet elektronik, sangat praktis lantaran tidak perlu mengunggah bukti transfer.

Kamu cukup tekan bayar, masukkan PIN transaksi, saldo dompet elektronik akan berkurang dan pembayaran e-commerce akan diproses secara otomatis.

Baca juga: Peran Logistik Penting untuk UMKM yang Masuk ke E-commerce

2. Virtual account

Virtual account merupakan layanan transfer melalui rekening virtual yang dapat dimanfaatkan melalui di mobile banking.

Pembayaran dengan metode ini memanfaatkan saldo rekening bank, sangat praktis lantaran tidak perlu mengunggah bukti transfer.

Kamu cukup masukkan kode virtual account pada fitur bayar di m-banking, masukkan PIN transaksi, saldo rekening akan berkurang dan pembayaran e-commerce akan diproses secara otomatis.

3. Direct debit

Direct debit dilakukan dengan memanfaatkan kartu debit yang didaftarkan pada aplikasi e-commerce. Pembayaran dengan metode ini, memanfaatkan saldo rekening bank, sangat praktis karena tidak perlu mengunggah bukti transfer.

Pastikan kartu debit telah diverifikasi e-commerce, masukan PIN transaksi, saldo rekening akan berkurang dan pembayaran e-commerce akan diproses secara otomatis.

Baca juga: Bahas E-commerce, Gibran: Semua Harus Comply Regulasi

4. Transfer

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com