Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transaksi Pengalihan Rampung, TikTok Jadi Pemegang Saham Pengendali Tokopedia

Kompas.com - 01/02/2024, 06:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau Grup GoTo dan platform entertainment TikTok menyelesaikan transaksi yang diharapkan mampu memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Dalam transaksi ini TikTok berperan sebagai pemegang saham pengendali.

Dengan demikian, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia secara resmi bergabung di bawah PT Tokopedia, yang dimiliki bersama oleh GoTo dan TikTok. 

Proses integrasi dan migrasi bertujuan menghadirkan pengalaman berbelanja secara lancar di aplikasi TikTok dan Tokopedia.

Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo mengatakan, pihaknya akan mengoptimalkan penggunaan modal seiring dengan arah profitabilitas dan perbaikan arus kas GoTo.

GoTo juga sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan.

"Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif termasuk kemungkinan dilakukannya pembelian kembali (buyback) saham, dimana hal ini akan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (31/1/2024).

Baca juga: Tokopedia Bocorkan Rencana Transaksi Pembayaran di TikTok Shop, Bakal Dipisah?

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo menerangkan, melalui kemitraan ini TikTok akan menginvestasikan lebih dari 1,5 miliar dollar AS sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia.

Jumlah tersebut setara sekitar Rp 23,4 triliun pada kurs Rp 15.616 per dollar AS)

"Melalui kesepakatan ini, TikTok dan GoTo dapat memperluas manfaat bagi konsumen serta pelaku UMKM Indonesia," ujar dia.

Pertumbuhan bisnis Tokopedia setelah dikombinasikan dengan TikTok Shop Indonesia ini akan membawa keuntungan bagi GoTo, yang tetap menjadi mitra ekosistem bagi Tokopedia.

Hal itu termasuk menjangkau pasar yang lebih luas dengan layanan keuangan digital melalui GoTo Financial dan on-demand services dari Gojek.

GoTo juga akan menerima aliran pendapatan dalam bentuk e-commerce service fee dari Tokopedia sejalan dengan skala dan pertumbuhan perusahaan tersebut. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi arus kas Grup GoTo seiring fokus perseroan pada profitabilitas jangka panjang.

Baca juga: Dua Model Algoritma di TikTok Shop, Penjual Wajib Tahu


Sebagai informasi, dalam transaksi ini Goldman Sachs bertindak sebagai penasihat keuangan bagi Grup GoTo.

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dan paltform TikTok resmi menjalin kerja sama untuk memperkuat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan fokus pada pemberdayaan serta perluasan pasar bagi pelaku UMKM nasional pada Senin, 11 Desember 2023.

Sebagai bagian dari kemitraan strategis tersebut, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia, di mana TikTok akan memiliki pengendalian atas Tokopedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com