Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Terapkan Sistem "War" Tiket Kereta Api seperti Konser

Kompas.com - 07/02/2024, 05:34 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah memberlakukan sistem queue atau antrean untuk pembelian tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) secara online mulai 1 Februari 2024.

Sistem ini mirip seperti sistem antrean ketika membeli tiket konser secara online. Pasalnya, ketika calon penumpang masuk dalam antrean maka halaman pembelian tiket akan menampilkan hitung mundur perkiraan waktu tunggu untuk pemesanan tiket kereta api.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, sistem antrean ini hanya diberlakukan pada pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dan web kai.id.

Baca juga: Libur Isra Miraj dan Imlek, KAI Tambah 10 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh

Tujuannya agar calon penumpang mendapatkan kepastian layanan, khususnya pada saat-saat peak season seperti liburan Lebaran atau Natal dan tahun baru (nataru).

Pada saat peak season biasanya terjadi kepadatan pemesanan tiket maka calon penumpang akan diarahkan kepada sistem antrean yang akan memberitahukan perkiraan waktu tunggu.

Selama antrean ini berlangsung, calon penumpang disarankan untuk tidak menutup jendela tersebut agar tetap terhubung dengan sistem.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Cepat Whoosh untuk Rombongan

Selanjutnya, pada saat gilirannya, calon penumpang akan diarahkan untuk masuk ke dalam sistem pemesanan dan dapat melakukan pembelian tiket seperti biasa.

"Sistem antrean penjualan tiket KA melalui aplikasi Access by KAI dan Web KAI.id tersebut sudah mulai diberlakukan pada tanggal 1 Februari 2024," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/2/2024).

Joni bilang, penerapan sistem antrean pafa KAJJ ini merupakan salah satu inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya dengan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Baca juga: KAI Kembali Ingatkan soal Aturan Bagasi 20 Kg untuk Naik Kereta Api

"KAI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi terkini dan menjaga tingkat keamanan data dan informasi," ucapnya.

Adapun unformasi mengenai penerapan sistem ini sempat dibagikan oleh akun media sosial X @jalur5_ pada Senin (5/2/2024).

Akun tersebut membagikan tangkapan layar berlatar biru yang berjudul Estimasi Waktu Antrian dan di bawahnya menunjukkan waktu jam dan menit. 

Baca juga: Jawab Kritik soal Kereta Cepat, Luhut: Sekarang Semua Orang Menikmati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com