Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICSA: Penerapan ESG Tingkatkan Nilai Perusahaan di Mata Investor

Kompas.com - 20/02/2024, 21:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Indonesian Corporate Secretary Association (ICSA) Katharine Grace mengatakan, penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) atau tata kelola lingkungan, sosial, dan perusahaan dapat meningkatkan nilai suatu perusahaan di mata para investor.

Ia mengatakan, perusahaan-perusahaan terbuka di Indonesia saat ini mulai banyak menerapkan ESG guna meningkatkan perhatian para investor asing.

"Sebagai perusahaan terbuka dan tercatat di bursa, investasi oleh investor itu sangat memerhatikan apakah perusahaan itu sudah menerapkan ESG dengan baik," kata Katharine usai acara The 2nd Good Corporate Governance (GCG) International Conference on ESG di Jakarta, Selasa (20/2/2024).

Katharine mengatakan, paradigma bahwa ESG menjadi beban perusahaan sudah terbantahkan. Penerapan ESG saat ini, kata dia, dapat meningkatkan profit perusahaan.

"Paradigma ESG beban awalnya kita harus melihat itu dengab melakukan ESG yang baik di perusahaan itu akan meningkatkan profit dan growth," ujarnya.

Baca juga: Wirausahawan Didorong Terapkan ESG

Senada dengan Katharine, Co-Founder & CEO Olahkarsa, Unggul Ananta mengatakan, penerapan ESG telah menjadi fokus dunia bisnis dari berbagai sektor.

Ia mengatakan, banyak perusahaan di seluruh dunia telah mengakui bahwa ESG bisa menjadi “long term value creation” bagi bisnis.

"Sejalan dengan hal tersebut, kami memandang bahwa konsep ESG perlu terus digalakkan, dipahami dan diimplementasikan dalam tata kelola bisnis di berbagai sektor, sebagai langkah mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," kata Unggul.

Lebih lanjut, ia berharap forum hari imi diharapkan dapat menjadi platform untuk mendorong konsensus tentang peran sekretaris perusahaan dalam mempromosikan keselarasan bisnis dan pembangunan berkelanjutan melalui ESG.

Baca juga: ESG adalah Apa? Ini Pengertiannya

Perusahaan yang terapkan ESG lebih "tahan banting"

Sebelumnya, Expert Council Komite Nasional Kebijakan Governansi (KNKG) Mas Achmad Daniri mengatakan perusahaan yang telah mengedepankan prinsip Environment, Social and Government (ESG) terbukti lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

Menurut Daniri yang juga salah satu dewan juri ajang TrenAsia ESG Award 2023 pada 30 Agustus 2023 lalu, saat ini aspek ESG telah menjadi topik yang sangat penting pada berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor.

Daniri menjelaskan, kesadaran akan pentingnya penerapan ESG bukan hanya di tingkat global, bahkan saat ini kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini juga semakin tajam.

"Kami meyakini dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat," kata Daniri melalui keterangan pers, Jumat (1/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com