Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diisukan Masuk Bursa Calon Menkeu, Mahendra Siregar: Jangan Terlalu Banyak Dengar Rumor

Kompas.com - 04/03/2024, 12:31 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar diisukan menjadi salah satu kandidat Menteri Keuangan RI yang diincar calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Menanggapi hal tersebut, Mahendra hanya tersenyum dan meminta agar masyarakat tidak terlalu banyak mendengarkan rumor yang beredar.

"Jangan terlalu banyak lihat dan dengar rumor lah," ujar dia ketika ditemui di sela-sela acara Indonesia Banking to Net Zero Emission, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Beredar 4 Nama Calon Menkeu yang Diincar Prabowo, Erick Thohir: Semuanya Bagus

Ia melanjutkan, saat ini Mahendra masih akan tetap menemani Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman dan Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae di OJK.

"Tanggapan saya menemani Pak Dian, menemani Pak Agusman," imbuh dia.

Baca juga: Media Asing Soroti 4 Nama Ini, Dibidik Prabowo Jadi Menteri Keuangan

Sebelumnya, media asing mulai menyoroti siapa menteri keuangan dalam kabinet pemerintahan Prabowo Subianto.

Dilansir dari Businesstime.com yang mengutip laporan Bloomberg, Rabu (28/2/2024), Prabowo tengah mengincar sejumlah nama yang berlatar belakang mantan bankir untuk menjadi menteri keuangan.

Dalam laporan Bloomberg disebutkan, Prabowo mempertimbangkan empat nama di antaranya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisaris OJK Mahendra Siregar dan Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Royke Tumilaar.

Nama-nama tersebut berdasarkan sejumlah sumber dianggap cocok menjadi menteri keuangan lantaran memiliki keahlian di bidang finansial dan memiliki kepemimpinan yang efektif.

Baca juga: Beredar 4 Nama Calon Menkeu yang Diincar Prabowo, Airlangga: Belum Dibahas..

 


Sebagi informasi, Mahendra Siregar adalah seorang ekonom dengan latar belakang pendidikan, dan tidak asing dengan kementerian keuangan.

Ia pernah menjabat Wakil Menteri Keuangan pada masa pemerintahan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono antara tahun 2011 dan 2013, dan sebelumnya menjabat Wakil Menteri Luar Negeri dan Perdagangan.

Mahendra Siregar juga pernah menjadi Duta Besar Indonesia untuk AS. Sejak tahun 2022, Siregar menjabat sebagai Otoritas Jasa Keuangan yang membawahi regulasi di sektor perbankan dan pasar modal.

Pria berusia 61 tahun ini memiliki gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia dan gelar master dalam bidang yang sama dari Monash University, Australia.

Baca juga: Meski Ada Tanda-tanda Pilpres 1 Putaran, Investor Tetap Wait and See, Tunggu Susunan Menteri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com