Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Sifat yang Harus Dimiliki Pemimpin Menurut CEO Microsoft

Hal tersebut dikatakan Nadella saat berbicara di Mobile World Congress (MWC) di Barcelona barubaru ini. Nadella menjelaskan bagaimana ia telah mengubah pemikirannya tentang tiga sifat pemimpin yang baik.

Namun, dia mengakui ketiga sifat ini sulit diterapkan dalam tiap harinya.

Berikut adalah tiga sifat yang dicari Nadella dalam diri seorang pemimpin

1. Memberikan kejelasan

Dalam masa sulit, orang bisa dikatakan memiliki karakteristik pemimpin adalah mereka yang mampu memberikan kejelasan dan membantu meringankan situasi yang sulit.

“Para pemimpin memiliki kemampuan luar biasa untuk membawa kejelasan ke dalam situasi yang di mana tidak ada (kejelasan),” kata dia.

“Anda tidak dapat menyebut diri Anda seorang pemimpin dengan memasuki situasi yang pada dasarnya tidak pasti, ambigu dan menciptakan kebingungan," tambahnya.

Di masa lalu, Nadella telah menyoroti bahwa hal tersebut adalah atribut paling pentingyang harus dimiliki pemimpin apa pun, namun hal itu seringkali dianggap remeh.


2. Menciptakan energi

Meskipun bisa memberikan kejelasan sangat berguna pada saat menghadapi situasi yang serba ketidakpastian, menurut Nadella, itu bukan satu-satunya atribut yang harus dipunyai oleh seorang pemimpin.

Bagi dia, memiliki hasrat dan antusiasme yang tulus terhadap apa yang dilakukan akan menjadi penting ketika ingin mempunyai kualitas kepemimpinan.

"Kamu harus menciptakan energi di sekitarmu," kata Nadella.


3. Membawa kesuksesan dalam kondisi apa pun

Menurut Nadella, kesuksesan tak bisa diraih hanya dalam satu malam. Untuk meraih kesuksesan, tiap orang pasti akan menghadapi rintangan.

"Hal terakhir adalah bahwa para pemimpin harus membawa kesuksesan dalam keterbatasan," tambah Nadella. "Kamu tidak bisa mengatakan 'Aku sedang menunggu cuaca yang sempurna dan keselarasan bintang-bintang, dan aku akan menunjukkan kepadamu kecemerlanganku.' Maksudku, itu bukan kepemimpinan,” ujar Nadella.

"Kamu harus bisa mengetahuinya dan membawa kesuksesan,” sambungnya.

Nadella menekankan, selain tiga sifat tersebut, empati merupakan unsur penting untuk dimiliki baik dalam kehidupan pribadi maupun di tempat kerja.

jika Anda gagal mencapai performa terbaik untuk ketiga elemen tersebut, Nadella menyarankan untuk mencoba yang terbaik dan belajar dari kesalahan.

“Untuk melakukan tiga hal ini dengan baik dan tidak memiliki keangkuhan adalah apa yang saya pikir Anda butuhkan dalam diri pemimpin,” terang Nadella.

"Anda harus memulainya, seseorang seperti saya mengakui bahwa saya tidak sempurna pada ketiganya sepanjang waktu dan mendorong diri saya untuk belajar," katanya.

https://money.kompas.com/read/2019/03/06/150000526/tiga-sifat-yang-harus-dimiliki-pemimpin-menurut-ceo-microsoft

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke