Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Tahan Suku Bunga Acuan Tetap 6 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) memutuskan untuk mempertahankan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 6 persen.

Selain itu suku bunga Deposit Facility juga tetap sebesar 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

"Keputusan diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 20-21 Maret 2019," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Perry menilai, keputusan terbseut diambil sejalan dengan upaya memperkuat stabilitas eksternal perekonomian Indonesia.

Adapun untuk mendorong pertumbuhan permintaan domestik, BI memperluas kebijakan yang lebih akomodatif.

"Yaitu di antara lain dengan meningkatkan ketersediaan likuditas dan mendukung pendalaman pasar keuangan melalui strategi operasi moneter," jelas Perry.

BI memandang adanya perbaikan ekonomi global meskipun pertumbuhan ekonomi global diperkirakan lebih rendah dari perkiraan. Di sisi lain ketidakpastian pasar sedikit cenderung berkurang.

"Respon ekonomi global tersebut dengan ketidakpastian yang berkurang memberikan tantangan dalam mendorong ekspor," ujar Perry.

Sementara dengan ketidakpastian pasar keuangan global yang berkurang, berdampak positif terhadap aliran modal asing yang mulai masuk ke negara berkembang termasuk Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2019/04/25/145335726/bi-tahan-suku-bunga-acuan-tetap-6-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke