Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Kembangkan Bisnis Waralaba ke Kancah Global? Simak Tips Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat bisnis waralaba yang mampu bersaing ke kancah global tentu menjadi impian setiap pemilik usaha waralaba. Apalagi, membuka cabang di luar negeri mampu mendorong pertumbuhan bisnis dengan cepat.

Chief Executive Officer Asia Wide Franchise Consultant PTE Ltd Albert Kong mengatakan, setidaknya Anda perlu mengikuti 4 faktor utama bila ingin mengembangkan usaha ke luar negeri.

"Pelaku waralaba yang ingin mengembangkan usaha ke pasar di luar Indonesia perlu memperhatikan 4 faktor. Pertama, pastikan usaha itu sudah berjalan dengan cukup baik di Indonesia (sound and solid)," kata Albert Kong dalam siaran pers, Senin (8/7/2019).

Kemudian, kata Albert, siapkan sumber daya manusia yang akan fokus mengurusi bisnis di luar negeri tersebut. Setelah itu, carilah calon pewaralaba yang tepat dari segi kuatnya manajemen keuangan dan lisensi.

"Selain itu, franchisor dituntut untuk meningkatkan semua aspek bisnis untuk memenuhi standar di negara tujuan. Jadi, rekam jejak bisnis franchisor di Indonesia ikut menentukan berhasil atau tidaknya ekspansi bisnis waralaba di pasar global," kata Albert.

Ketua Umum AFI Andrew Nugroho menambahkan, pebisnis waralaba harus memiliki manajemen yang baik. Ia mengatakan ada beberapa indikator yang bisa digunakan oleh calon franchisee untuk menentukan waralaba pilihan, seperti dari sisi kualitas dan sisi keuangan.

Dari sisi kualitas, kata Andrew, pastikan franchisor memiliki tim quality control yang membantu usaha franchise memberikan layanan dan produk yang sesuai dengan standar yang dimiliki oleh franchisor."

Sedangkan dari sisi keuangan, pastikan franchisor memiliki tim akuntansi yang baik. Sementara, dari sisi legalitas, pastikan franchisor memiliki badan usaha resmi semisal PT atau CV," kata Andrew.

"Sebuah waralaba sudah pasti mencakup lisensi tetapi lisensi belum tentu waralaba. Lisensi adalah persoalan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dimiliki oleh lisensor," ujarnya.

https://money.kompas.com/read/2019/07/08/171100026/mau-kembangkan-bisnis-waralaba-ke-kancah-global-simak-tips-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke