Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kadin Kaji Jenis Komoditas Hortikultura Unggulan Ekspor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komite Tetap Hortikultura Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia Karen Tambayong mengatakan, pihaknya akan melakukan kajian tentang jenis komoditas hortikultura yang jadi prioritas ekspor.

Jika sudah diajukan dan ditetapkan oleh pemerintah, maka komoditas ini bisa digenjot produksinya.

"Nanti kami akan memberikan usulan. Sekarang kami mengumpulkan stakeholder, karena ini lebih banyak kepada regulasi, jadi kalau usulan konkrit seperti itu ya baru tiga bulan lagi," kata Karen sesuai diskusi di kantornya, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Karen menyatakan, Kadin membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk melakukan mapping atau pemetaan terkait kondisi riil produk hortikultura di Indonesia, baik masalah, kendala, potensi sektor holtikultura, dan faktor-faktor lainnya.

Adanya pemetaan ini Kadin akan mengetahui secara gamblang kondisi sebenarnya di petani maupun pengusaha.

"Saya harus koordinasi dengan Kemenko Bidang Perekonomian, asosiasi, insya Allah dalam tiga bulan ini bisa mendapatkan lebih banyak lagi informasi. Sehingga dalam waktu dekat sudah memberikan usulan apa dari sektor hortikultura, kalau buah, buah apa?" bebernya.

Menurutnya, butuh riset untuk menjaring hingga menentukan usulan rekomendasi komoditas hortikultura yang perlu didorong ekspor, baik dari hulu hingga hilir. Sehingga membutuhkan diskusi dan pembahasan secara berkelanjutan.

Dia menambahkan, upaya pemerintah ditempuh setelah berdiskusi bersama pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pertanian, dan sejumlah stakeholder lainnya. 

Diketahui saat ini permintaan pasar internasional terhadap produk hortikultura terbilang tinggi dan harus dimanfaatkan petani atau pengusaha Indonesia.

Namun faktanya, hingga kini produk itu belum mampu diekspor kerena berbagai alasan.

https://money.kompas.com/read/2019/10/03/195522626/kadin-kaji-jenis-komoditas-hortikultura-unggulan-ekspor

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke