Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelabuhan Benoa Disandari Kapal Pesiar Raksasa

“Dengan sandarnya kapal pesiar yang besar seperti ini di pelabuhan Benoa, saya yakin  dapat meningkatkan citra pariwisata bali untuk lebih banyak menarik turis mancanegara lewat kapal pesiar singgah di Bali,” ujar Gubernur Bali Wayan Koster dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/10/2019).

Koster meyakini dengan sandarnya kapal tersebut bisa menimbulkan dampak positif bagi perekonomian Bali.

“Nanti setiap ada kapal pesiar asing yang datang lagi, akan kita bantu menyusun rangkaian tujuan wisatanya agar jadi lebih terarah dan para wisatawan dapat menikmati wisata di Bali,” kata Koster.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung menambahkan, pihaknya telah selesai merevitalisasi alur dan kolam Pelabuhan Benoa. Hasilnya kapal yang  memiliki panjang lebih dari 300 meter ini sebelumnya tidak bisa sandar.

Sebelumnya kapal pesiar yang bisa sandar di Pelabuhan Benoa hanya  Kapal Cruise MV Insignia dengan bobot GT 30,277 dan MV Azamara Quest dengan bobot yang sama terakhir pada bulan Maret lalu.

“Alhamdulillah  sejak selesainya revitalisasi minat kunjungan kapal pesiar lebih tinggi ke Pelabuhan Benoa karena dari sisi keselamatan, keamanan dan kenyamanan kapal sudah terjamin,” ucap dia.

Pelindo III juga telah melakukan peningkatan fasilitas gedung terminal penumpang yang semula hanya berkapasitas 900 orang diperbesar hingga mampu menampung 3.500 orang diatas lahan seluas 5.600 meter persegi.

Pelabuhan Benoa sendiri menargetkan kunjungan kapal pesiar di tahun 2019 ini sebanyak 75 unit kapal,m. Saat ini realisasi hingga Awal Oktober ini sudah 55 unit kapal dengan total 1,4 juta Gross Tonage (GT), dan total jumlah wisatawan 29.755 orang.

https://money.kompas.com/read/2019/10/17/222000526/pelabuhan-benoa-disandari-kapal-pesiar-raksasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke