Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BEI Pastikan Banjir Jabodetabek Tak Pengaruhi Pergerakan IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir melanda kawasan Jabodetabek pada awal tahun 2020, imbas hujan lebat yang terjadi sejak Selasa (31/12/2019) hingga Rabu (1/1/2020).

Namun demikian, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Hasan Fawzi mengatakan, banjir tidak berpengaruh terhadap pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini.

"Beberapa kali kami lihat tidak berkolerasi secara langsung karena sebetulnya kekuatan pasar kita, akses terhadap pasar sudah tidak perlu lagi kehadiran fisik. Bisa lewat mana pun tentu bisa dilakukan setiap saat. Tidak banyak pengaruhnya secara langsung ke kegiatan perdagangan," katanya di Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Pelaku pasar pun tetap dapat memantau pergerakan harga saham, meski adanya pemadaman listrik di kala bencana banjir melanda. Para investor investor dan emiten dan emiten tetap dapat bertransaksi.

"Misalnya listrik padam, tapi kan enggak masif. Lewat HP masing-masing kan bisa (monitor dan lakukan transaksi jual beli saham)," ujarnya.

Hasan kembali menekankan, selama adanya bencana alam pergerakan IHSG masih bergerak stabil. BEI pun berharap, adanya situasi ini segera ditangani oleh seluruh institusi yang terlibat.

"Belum saya lihat ini, tapi indeks cenderung moderat, nggak ada respon negatif berlebihan. Ini musibah yang memprihatinkan kita semua. Mudah-mudahan kejadian sesaat dari alam dengan penanganan yang baik dari Pemprov dan pemerintah pusat mudah-mudahan enggak lama," katanya.

Saat pembukaan perdana IHSG awal tahun 2020, sempat berada di zona hijau ketika dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pukul 09.15 WIB, indeks naik 0,10 persen ke level 6.305,902. Tercatat 121 saham naik, 123 saham turun, dan 147 saham stagnan. Total volume 330 juta saham dengan nilai transaksi Rp 302 miliar.

https://money.kompas.com/read/2020/01/02/131108026/bei-pastikan-banjir-jabodetabek-tak-pengaruhi-pergerakan-ihsg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke