Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Angka Inflasi Catat Rekor, Ini Kata BI

Bank Indonesia tak mau ketinggalan menyambut angka inflasi yang terjaga di bawah 3 persen tersebut. BI menyebut hal tersebut tak lepas dari sinergi bersama.

"Pencapaian positif ini tidak terlepas dari konsistensi Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas harga," kata Direktur bagian Departemen Komunikasi BI, Muhammad Nur dalam pernyataan tertulisnya, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

"Serta ditopang sinergi kebijakan yang kuat antara Bank Indonesia dan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah," kata dia.

Sejak beberapa tahun lalu, BI bersama pemerintah pusat dan daerah memang terus menggelar rapat-rapat koordinasi bersama untuk menjaga angka inflasi agar tetap terkendali di bawah 3 persen.

Sementara itu, terkait inflasi Desember 2019 yang meningkat sesuai pola musiman sebesar 0,34 persen, namun angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan rerata inflasi IHK dalam empat tahun terakhir sekitar 0,68 persen secara bulanan.

BI menilai perkembangan tersebut ditopang inflasi inti yang stabil pada level 0,11 persen (mtm).  Sementara itu, inflasi volatile food tetap terkendali sebesar 0,86 persen (mtm).

meskipun sesuai pola musiman akhir tahun, angka ini naik dibanding bulan lalu sebesar 0,42 persen (mtm). Pola musiman lainnya juga mempengaruhi kenaikan pada inflasi kelompok administered prices.

https://money.kompas.com/read/2020/01/02/210233326/angka-inflasi-catat-rekor-ini-kata-bi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke