Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BUMN Perbenihan Ini Alami Kesulitan Bayar Gaji Karyawan

Direktur Utama PT Sang Yang Seri (SHS) Persero, Karyawan Gunarso menyebut sejak ia menduduki posisi Dirut pada akhir tahun 2018, perusahaan dalam kondisi yang sangat sulit.

"Organisasi perusahaan ini gemuk sehingga tidak efisien. Saya hapal betul akhir tahun 2018, struktur jabatan ada 1.300 jabatan sementara pegawainya hanya 600 orang," kata Gunarso saat rapat komisi IV DPR RI di Senayan Jakarta Pusat, Selasa (21/1/2020).

Gunarso menyebut pada awal tahun ini pihaknya sudah melakukan berbagai hal untuk penyehatan perusahaan. Misalkan saja restrukturisasi jabatan sampai dengan 300 - 350 orang, efisiensi dan evaluasi kerja karyawan.

Hal ini nyatanya tak cukup. Perusahaan yang dituntut untuk meningkatkan produksi terpaksa gigit jari akibat masalah kolektibilitas perbankan yang jelek sehingga akses permodalan terbatas.

Gunarso menyebut, saat ini pihaknya secara perlahan melakukan pelunasan gaji karyawan walaupun masih ada keterlambatan.

"Sudah dibayar, hari ini kita bayar. Tapi saat saya masuk akhir tahun 2018 kondisinya begitu tidak punya uang dan utang. Yang sekarang insyaallah kita bereskan sampai Desember tahun kemarin. Tahun kemarin agak terlambat saja," jelasnya.

https://money.kompas.com/read/2020/01/22/050700526/bumn-perbenihan-ini-alami-kesulitan-bayar-gaji-karyawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke