Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MNC Bank Minta Nasabahnya Segera Ganti Kartu Debit Lama, Kenapa?

Hal ini agar nasabah bisa menggunakan kartu debit baru di mesin electronic data capture (EDC) para merchant yang bekerja sama dengan MNC Bank.

Nasabah bisa memilih kartu debit baru yakni kartu berlogo GPN dan kartu debit berlogo MasterCard.

"Kartu putih (lama) itu diganti dulu karena belum ada chip-nya. Kalau sudah diganti, bisa melakukan transaksi di seluruh merchant yang ada," kata Direktur MNC Bank Rita Montagna di Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020).

Presiden Direktur MNC Bank, Mahdan menyebut, kartu debit berlogo GPN dan MasterCard sudah diluncurkan perdana pada awal tahun ini, namun beberapa mesin EDC masih belum bisa membacanya.

Namun Mahdan menegaskan per hari ini, kartu debit berlogo GPN dan MasterCard sudah bisa digunakan.

"Kartunya sudah bisa dipakai sejak awal Januari, tapi saat itu ada beberapa merchant yang belum (bisa) per 20 Januari 2020 semua merchant sudah pakai," jelasnya.

Bagi nasabah MNC Bank yang akan menggantu kartu debit lama dengan kartu debit berlogo MasterCard, harus memesan terlebih dahulu. Sementara untuk kartu debit berlogo GPN bisa ditukarkan langsung di bank.


Adapun cara yakni dengan mendatangi kantor cabang MNC Bank dan membawa seluruh kelengkapan dokumen. MNC Bank mengatakan, tak butuh waktu lama kartu debit baru bisa langsung didapatkan.

Mahdan berharap, dengan peluncuran kartu debit ini mampu berkontribusi pada pemenuhan target sesuai surat edaran Bank Indonesia No. 17/52/DKSP per tanggal 30 Desember 2015.

Edaran tersebut menetapkan target paling kurang 80 persen dari total Kartu ATM atau Kartu Debit yang diterbitkan telah menggunakan standar nasional teknologi chip dan PIN online 6 (enam) digit sebelum 1 Januari 2021.

MNC Bank yakin mampu mencapai target karena berkaca dari pencapaian target 2020 yang tercapai pada Mei 2019. Saat ini pencapaian konversi sudah diatas 67 persen.

https://money.kompas.com/read/2020/02/27/143720226/mnc-bank-minta-nasabahnya-segera-ganti-kartu-debit-lama-kenapa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke