Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenkop Fasilitasi KUMKM Suplai APD ke Kimia Farma

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop dan UKM, Victoria Simanungkalit mengatakan, pihaknya telah menggandeng KUMKM yang tergabung dalam program Karya Nusantara untuk membantu memproduksi APD.

"Kami telah menjalin komitmen dengan berbagai pihak untuk memastikan ketersediaan bahan baku, standarisasi produk, dan akses pemasaran produk KUMKM. Melalui program Karya Nusantara kami mengumpulkan para pelaku KUMKM untuk membantu mengolahnya," ujarnya dalam live streaming yang diselenggarakan Kemenkop UKM, Kamis (16/4/2020).

Victoria mengatakan, saat ini ada 330 KUMKM yang berasal dari 16 provinsi yang siap memproduksi kebutuhan APD.

"Kemarin baru 80 UKM yang sudah berhasil terkurasi statusnya dan hari ini saya yakin sudah bertambah," ucap dia.

Menurut Victoria, untuk memproduksi APD ini tidak sembarang KUMKM yang bisa melakukannya. Oleh sebab itu pihaknya menggandeng PT Daruma Adira Pratama untuk melakukan kontrol kualitas dan akses pemasaran produk APD yang diproduksi oleh KUMKM.

Untuk menyalurkan produksi KUMKM tersebut sebut dia, pihaknya bekerja sama dengan dengan PT Kimia Farma, Tbk. Pihaknya akan menyuplai 500.000 masker non medis sebanyak per bulan selama pandemik.

"Untuk mendukung upaya tersebut, Kementerian Kesehatan akan mempermudah prosedur pengurusan izin edar bagi produk alkes dan surat keterangan produk non alkes untuk masker non medis," katanya.

Sementara itu Ketua Tim Karya Nusantara Deasy Nurmalasaru menjelaskan, untuk memproduksi APD ini, pihaknya telah melakukan pengecekkan secara detail dengan melakukan kurasi agar menjamin APD dan masker yang dihasilkan memiliki standar yang baik.

"Kami sangat didukung dan berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM sehingga kami memperoleh database produk atau UKM unggulan. Harapan kami setelah nanti uji lab kami meminta bantuan Kemenkop dan UKM agar Karya Nusantara menjadi payung dari UKM yang sudah bergabung," kata dia.

https://money.kompas.com/read/2020/04/16/210600326/kemenkop-fasilitasi-kumkm-suplai-apd-ke-kimia-farma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke