Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pagebluk Corona, Defisit Anggaran AS Diproyeksi Capai 3,7 Triliun Dollar AS

Berdasarkan proyeksi yang dilakukan oleh kongres setempat, defisit tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Dikutip dari Reuters, Badan Anggaran Kongres (CBO) setempat menyatakan Produk Domestik Bruto (PDB) AS akan turun hampir 40 persen secara tahunan di kuartal II. Tetapi CBO memperkirakan kebangkitan ekonomi pada paruh kedua tahun ini, meski angka pengangguran akan meningkat hingga 16 persen dan hingga tahun 2021 akan bertahan di angka double digit.

Laporan CBO mengilustrasikan tekanan fiskal yang dihadapi anggota parlemen di Kongres ketika mereka bersiap untuk menyusun undang-undang baru untuk menanggapi pandemi. Kongres telah menyepakati anggaran sebesar 3 triiun dollar AS untuk layanan kesehatan, UMKM dan berbagai kebijakan lain untuk melawan pandemi dan dampak ekonominya.

"Jika undang-undang yang berlaku saat ini mengatur pengeluaran dan pendapatan secara umum tetap tidak berubah dan tidak ada dana darurat tambahan yang disediakan, defisit federal akan sekitar 3,7 triliun dollar AS pada tahun fiskal 2020 dan 2,1 triliun dollar AS tahun depan," kata CBO. Sebelumnya pada bulan Maret, CBO memproyeksikan defisit lebih dari 1 triliun dollar AS baik di 2020 maupun 2021.

Sementara untuk utang pemerintah akan setara dengan 101 persen dari PDB per 30 September ketika tahun fiskal 2020 berakhir. Kemudian pada 2021, tingkat utang federal bakal meningkat 108 persen terhadap PDB.

Badan tersebut memperkirakan PDB riil akan turun 5,6 persen pada tahun 2020 dan kemudian tumbuh 2,8 persen pada tahun 2021.

https://money.kompas.com/read/2020/04/25/201400026/pagebluk-corona-defisit-anggaran-as-diproyeksi-capai-3-7-triliun-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke