Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Garap Proyek di Pelabuhan Benoa dan Banyuwangi, Pelindo III Gandeng Swasta

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu BUMN mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri.

Menurut dia, sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan mengembangkan usahanya.

“Kami mendukung penuh arahan Menteri BUMN untuk menggandeng perusahaan swasta dalam menggarap proyek-proyek pembangunan dalam negeri. Sudah saatnya para pengusaha UMKM diberikan kesempatan yang lebih luas untuk berkarya dan berkontribusi buat negara,” ujar Doso dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/6/2020).

Menurut Doso, Dibutuhkan campur tangan dari semua pihak untuk mewujudkan pembangunan BMTH dan marina di Pelabuhan Boom Banyuwangi dalam mewujudkan pariwisata maritim pertama di Indonesia.

Melalui MoU dan kerja sama antara BUMN dan swasta, Doso berharap akan terjalin sinergi antara BUMN dan swasta dalam setiap perencanaan pembangunan infrastruktur publik. Sinergi antara BUMN dan pihak swasta akan membawa manfaat positif bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap peran pengusaha, khususnya Hipmi di era normal baru ini mampu membangun ekosistem sistem usaha yang sehat, serta berperan aktif dalam membangun ekonomi bangsa.

“Di era normal baru ini, pengusaha harus bisa bersama membangun ekosistem usaha yang sehat dan anggota Hipmi harus jadi garda terdepan untuk membangun ekonomi bangsa," kata Bahlil.

Sedangkan Ketua Hipmi Mardani H Maming menyebutkan, perusahaan swasta memiliki peranan besar dalam membantu pemerintah mengelola sejumlah proyek pembangunan dalam negeri.

“Kami berharap para pengusaha bisa berperan aktif menggerakkan perekonomian bangsa, sehingga harapannya UMKM khususnya di bawah Hipmi juga bisa lahir sebagai puncak perekonomian bagi bangsa dan negara,” ucap dia.

Bali Maritime Tourism Hub atau BMTH sediri merupakan saah satu proyek strategis yang sedang di kerjakan oleh Pelindo III guna meningkatkan perekonomian Bali melalui wisata maritim dan kunjungan wisatawan dari jalur laut.

Saat ini Pelabuhan Benoa Bali sedang di tata ulang untuk dijadikan wisata maritim dan terminal cruise atau kapal pesiar terbesar di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2020/06/11/163900726/garap-proyek-di-pelabuhan-benoa-dan-banyuwangi-pelindo-iii-gandeng-swasta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke