Salin Artikel

Akuisisi Rabobank, BCA Minta Restu Pemegang Saham Kamis Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) bakal melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Kamis (30/7/2020). 

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, RUPSLB dilakukan untuk meminta restu para pemegang saham terkait minat perseroan mengakuisisi Rabobank Indonesia.

"Rabobank Juli nanti kita akan RUPSLB, Kamis ini. Akan ada RUPSLB di mana meminta persetujuan dari para pemegang saham untuk menyetujui tahap pertama, yakni akuisisi," kata Jahja dalam konferensi video, Senin (27/7/2020).

Namun, Jahja belum mau menyatakan ke anak perusahaan mana Rabobank akan berlabuh. Jahja ingin proses persetujuan pemegang saham dalam RUPS LB pada Juli ini kelar lebih dulu.

"Kita kalau menapak jangan langsung loncat, satu-satu dulu kita selesaikan secara berirama. Setelah satu ini selesai, semua beres, baru kita nanti announcement mau diapakan Rabobank itu, ke salah satu anak perusahaan kita itu step kedua," ujar Jahja.

Sebelumnya diberitakan, BCA berencana mengakuisisi PT Bank Rabobank International Indonesia dengan nilai akuisisi sementara Rp 500 miliar. Angka itu merupakan nilai keseluruhan, sudah termasuk premium 20,5 juta dollar AS.

Adapun nilai akuisisi final akan mengacu kepada nilai ekuitas Rabobank yang telah disesuaikan (adjusted equity) lalu ditambah premium yang bersifat tetap sebesar 20,5 juta dollar AS.

Dalam ringkasan rancangan akuisisi, para pembeli secara bersama-sama akan mengakuisisi seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh pada Rabobank.

Nantinya, BCA akan memiliki 3.719.069 saham yang mewakili 99,99 persen dari total saham yang telah ditempatkan dan disetor Rabobank. BCA Finance akan memiliki 1 saham yang mewakili 0,000027 persen dari total saham.


Akuisisi ini mengubah susunan kepemilikan saham Rabobank. Sebelum akuisisi, 81,65 persen saham Rabobank dipegang oleh Cooperatieve Rabobank U.A, 0,22 persen saham dipegang oleh PT Mitra Usaha Kencana Sejati, 6,53 persen saham dipegang oleh PT Aditirta Suryasentosa, dan 6,53 persen saham oleh PT Antarindo Optima.

Selanjutnya, saham Rabobank sebelum akuisisi juga dipegang oleh PT Antariksabuana Citanagara sebesar 3,27 persen dan Jimmy Lityo sebesar 1,80 persen.

Terkait pendanaan, rencana akuisisi Rabobank oleh BCA akan didanai melalui modal sendiri dari dana yang disimpan sebagai laba ditahan (retained earnings).

https://money.kompas.com/read/2020/07/27/193108826/akuisisi-rabobank-bca-minta-restu-pemegang-saham-kamis-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.