Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Dapat Pinjaman Modal hingga Rp 200 Juta dari Pertamina? Simak Caranya

PT Pertamina (Persero) siap membantu para pelaku UMKM untuk bangkit melalui program kemitraan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, melalui program kemitraan para pelaku UMKM akan mendapatkan pinjaman modal usaha serta pembinaan usaha dari perseroan.

"Pertamina terus mendukung pengembangan UMKM mitra binaan agar tumbuh menjadi pelaku usaha yang tangguh, kuat dan mandiri, " ujar Fajriyah, dalam keterangan tertulis, Rabu (29/7/2020).

Mitra binaan juga akan dikembangkan bisnisnya hingga pemasaran produk dengan pameran, pop-up market di mall, UMKM Center dan Business Matching.

Sementara itu, Manager SMEPP Pertamina, Rudi Ariffianto menjelaskan, pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan Pertamina akan mendapatkan fasilitas pembiayaan yang mudah dan murah. Bahkan, mitra binaan berpotensi mendapatkan pinjaman hingga Rp 200 juta.

“Penyaluran Dana Pinjaman Program Kemitraan diberikan dengan nilai hingga Rp 200 juta dan jasa administrasi sebesar 3 persen per tahun,” ujar Dian.

Pengajuan aplikasi untuk menjadi mitra binaan program kemitraan Pertamina sekarang diklaim semakin mudah. Calon mitra hanya cukup mengunjungi website Pertamina di https://pertamina.com/id/program-kemitraan.

"Selain itu, sekarang ada panduan pengisian yang memudahkan UMKM dalam melengkapi aplikasi," katanya.



Nantinya, calon mitra binaan akan diminta untuk memenuhi dokumen-dokumen kelengkapan, mulai dari form pendaftaran hingga surat izin usaha.

Dokumen-dokumen persyaratan tersebut nantinya perlu di scan untuk menjadi lampiran pada email, dengan subjek yaitu Pendaftaran Program Kemitraan (Provinsi). Kemudian, seluruh dokumen dikirimkan ke alamat email pcc@pertamina.com.

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2019 Pertamina telah menyalurkan pinjaman permodalan sebesar Rp 338 miliar, kepada 2.067 mitra. Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya, dengan pinjaman permodalan yang disalurkan sebesar Rp 265 miliar kepada 991 mitra.

https://money.kompas.com/read/2020/07/29/200900526/ingin-dapat-pinjaman-modal-hingga-rp-200-juta-dari-pertamina-simak-caranya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke